Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHM Lestarikan Angklung Melalui Pelajar

Kompas.com - 02/05/2013, 16:44 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), PT Astra Honda Motor (AHM) berupaya melestarikan seni budaya angklung di kalangan pelajar SMP dan SMA. Caranya, mengadakan pelatihan untuk guru kesenian di sejumlah sekolah menengah dengan menggandeng Sanggar Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat.

Guru diberi pengetahuan tentang alat musik tradisional Jawa Barat ini sekaligus dilatih meningkatkan kemampuan bermain angklung. Ilmu dan ketrampilan tersebut ditransfer ke siswa masing-masing sekolah, dibantu oleh tim Sanggar Saung Angklung Udjo.

Untuk tahap awal, AHM fokus di lima sekolah, yaitu SMP Hang Tuah 3, SMP Gita Kirtti 2, SMA Gita Kirtti 2, SMK Hang Tuah 1, dan SMK Kencana 1, semua berada di Jakarta.

“Program ini dimulai  pada saat memperingati Hardiknas, hari ini (2/5/2013). Kami yakin, para siswa tersebut akan menjadi duta seni angklung di masa mendatang, sebagai budaya Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO sejak November 2011,” komentar Head of Corporate Communication AHM Kristanto di SMK Hang Tuah 1 Jakarta, Kamis (02/05/2013).

Kegiatan mendidik generasi muda semakin dekat dengan seni budaya angklung, merupakan salah satu dari program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility ICSR) yang dijalani oleh AHM di Indonesia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com