Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LaFerrari, Generasi Baru Ferrari Enzo

Kompas.com - 06/03/2013, 11:35 WIB

Geneva, KompasOtomotif - Setelah muncul dalam bentuk foto penggoda, akhirnya Ferrari menampilkan  perdana generasi terbaru dari Enzo, LaFerrari (artinya sama dengan  The Ferrari) di Geneva Auto Show, kemarin (5/3).

Supercar ini menggendong mesin V12 berkapasitas  6,3 liter dikawinkan dengan teknologi HYbrid Kinetic Energy Recovery System (HY-KERS) yang fungsinya  mengubah energi kinetik yang dihasilkan saat mobil direm menjadi listrik untuk disimpan di baterai lithium-ion yang mempunyai bobot 65 kg dan diletakkan di bagian tengah untuk mendapatkan titik pusat berat yang pas (41 persen depan, 59 persen belakang. Energi tersebut kemudian  mengaktifkan motor listrik.

Mesin konvensional menghasilkan tenaga maksimal 800 PS @9.000 rpm. Nah, dengan HY-KERS, ada tenaga tambahan 160 PS sehingga total 960 PS dengan torsi 900 Nm saat keduanya dipakai. Alhasil, akselerasi 0 - 100 kpj diklaim dapat melesat di bawah 3 detik dan untuk mencapai 300 kpj dari hanya butuh 15 detik saja. Sementara kecepatan maksimumnya 350 kpj.

Dikatakan, semua sistem hibrida yang dipasang memiliki bobot 140 kg. Kendati demikian total berat kendaraan masih tergolong ringan, 1.255 kg. Bisa begitu lantaran materialnya didominasi serat karbon. Ditambah lagi, penampilan kian atletis dengan lubang angin berukuran besar pada bemper depan dan body samping serta belakang. Pintu menggunakan model gunting (gullwing) yang terbuka ke depan bukan ke samping.

Berminat? Siapkan dulu 1,69 juta dollar AS atau sekitar Rp 16,4 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com