Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wouw, Siluman Macan Berbadan Monster

Kompas.com - 10/08/2012, 16:47 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Sebenarnya, Fransiskus, 30, tidak punya rencana untuk mereinkarnasi Honda Tiger-nya hingga seperti ini. Namun, kecelakaan yang terjadi ketika melakukan turing di Tenggarong (Kalimantan Timur) menuntunnya untuk merombak total tunggangan sehari-hari itu. Seolah melakukan face-off wajah, si macan pun berubah menjadi Monster Ducati.

”Waktu itu rangka sampai bengkok dan harus diganti. Bisa saja inden ke Honda, tapi saya yakin lama. Hingga akhirnya saya berkonsultasi dengan Ariawan Baru Motorsport (BMS) di Jakarta dan mendapat rayuan. Jadilah seperti ini,” beber pria asli Kaltim yang akrab disapa Afuk ini.

Proses pertama adalah membuat rangka. Bagian ini dikerjakan oleh BMS. Untuk membuat Honda Tiger semirip mungkin dengan Monster, Afuk memesan banyak limbah Ducati dari BMS. Mulai dari pelek depan-belakang dan Lengan ayun (swingarm) milik Ducati 848, monoshock Ducati 844, dan peranti rem lengkap yang juga diambil dari Ducati 848. Ada satu peranti milik Yamaha R6, suspensi depan.

Rangka dicat merah dan peranti utama plus kaki-kaki sudah terpasang, Afuk menaikkan tangki Cagiva Mito untuk menambah kesan gagah. Di sektor setang dan sekitarnya, ubahannya cukup signifikan. Terdapat speedometer Koso, setang Renthal Twin Wall, dan dikombinasi sedikit hand grip lengkap dengan master rem Rizoma.

Yang menarik adalah keberadaan kunci kontak tak lagi ada di setang. BMS memindahkannya di kiri bawah tangki. Untuk menghidupkan mesin hampir sama dengan motor matik. Tarik tuas kopling, lalu pencet tombol starter. Rahasianya, Ariawan BMS mengadopsi sistem kelistrikan dari Honda Vario.

Totalitas Afuk semakin kental ketika dia rela membeli lampu depan orisinal milik Ducati 795. Harga lampunya saja mencapai Rp 6,6 juta! ”Nanggung kalau setengah-setengah, sekalian saja cari yang orisinal,” ujar pengusaha toko sembako di Tenggarong itu.

Sentuhan akhirnya adalah nuansa “46” ala Valentino Rossi. Warna kuning menyala khas Rossi pun tersemat di bagian samping tangki dan buritan. Tak sia-sia, siluman macan berbadan monster ini pun sering mendapat juara dalam berbagai kontes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com