Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meliuk Lincah dengan Harley-Davidson Street 500

Kompas.com - 24/02/2015, 09:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Tak bisa dipungkiri, Street 500 adalah spesies baru yang menampilkan karakter lain Harley-Davidson. Impresi awal sudah KompasOtomotif beberkan dalam artikel sebelumnya, suara hampir sama dengan model V-Rod namun sedikit lebih halus.

Karakter hariannya sudah terasa sejak awal. Posisi duduk yang nyaman melalui konfigurasi jok, pijakan kaki, dan setang. Ada yang perlu digali kemudian yaitu karakter mesin dan pengendalian sepeda motor seharga Rp 219 juta off the road ini.

JR for KompasOtomotif Saat menikung, sepeda motor terasa sangat stabil berkat setelan suspensi yang pas.

Mesin 494 cc generasi Revolution X V-Twin yang dipakai V-Rod tetap punya karakter galak di awal. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mencapai 35 dk dan torsi maksimal 40 Nm @3.500 rpm. Nah, data terakhir inilah yang membuat tarikan awal sangat spontan.

Saat digeber di Karting Circuit, Sentul, Bogor, (23/2/2015), di putaran bawah torsi begitu terasa. Karakter ini sangat berguna untuk melintas di lalu-lintas perkotaan yang padat.

JR for KompasOtomotif Tes pengendaraan Harley-Davidson Street 500 di Sentul.

Hanya saat mencari tenaga di putaran menengah dengan kecepatan di atas 80 kpj dengan menggeber gas, terasa ada penahan. Sayang, karena lintasan yang kurang panjang, di bagian ini KompasOtomotif belum tuntas, namun tergambar jika tenaga akan didapat di putaran sedikit atas.

Nyaman

Perlu dicatat, sebagai sepeda motor harian, model ini sangat ramah jika dipakai di kemacetan. Paha tidak mendapatkan efek panas seperti saat naik model Harley-Davidson lainnya. Pendinginan dengan radiator cukup membantu mengurangi panas mesin.

Pengendalian juga sangat enteng, lincah diajak bermanuver. Untuk meliuk-liuk di sela lalu-lintas yang padat, pengendara tidak akan kesulitan menggerakkannya. Suspensi cukup keras, namun hal ini membantu kestabilan saat bermanuver atau menikung.

Tidak ada pengetesan konsumsi bahan bakar, namun beberapa media luar negeri merilis pengunaan bahwa bakar mencapai 3,7 liter per 100 km, atau setara dengan 27 kpl.

JR for KompasOtomotif Posisi duduk nyaman, kaki menginjak tanah dengan sempurna. Pas untuk dipakai harian.

Kesimpulan

Sepeda motor ini mempunyai torsi besar yang dicapai pada putaran mesin rendah. Karakter ini sangat cocok untuk dipakai stop and go di dalam kota yang padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com