Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Sensasi dan Aura Berbeda Harley-Davidson 500 Cc

Kompas.com - 23/02/2015, 18:29 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Harley-Davidson identik dengan kubikasi besar, suara menggelegar, dan model klasik yang kental. Namun saat disuguhi tipe terbaru, Street 500 dengan dimensi dan kubikasi lebih kecil, sontak rasa penasaran timbul. Apakah karakternya sama dengan H-D pada umumnya?

Jawaban hanya bisa ditemukan lewat tes. Setelah pertama kali ditunjukkan akhir 2014, akhirnya PT Mabua Harley-Davidson (Mabua) memberi kesempatan jurnalis merasakan performanya. Lokasi pengetesan dipilih sirkuit kecil (karting) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, (23/2/2015).

KompasOtomotif menjadi bagian dari kegiatan ini, dan melesat beberapa putaran untuk mengenali karakternya. Saat menunggangi untuk pertama kali, kesan yang diberikan sesuai dengan filosofi diciptakannya model ini, yakni untuk pengendaraan sehari-hari (urban living).

Posisi duduk rendah, menjadikan kaki bisa menapak sempurna. Area tangki melebar, sehingga posisi duduk mengangkang, layaknya model Harley lain. Setang mudah diraih dan tak terlalu tinggi. Bisa dibayangkan, posisi duduk seperti ini cukup menjanjikan kenyamanan saat digunakan di sela macet kota besar.

JR for KompasOtomotif Posisi duduk nyaman, kaki menginjak tanah dengan sempurna. Pas untuk dipakai harian.

Suara

Jangan bayangkan suara menggelegar khas dari Harley-Davidson. Sensasi suaranya berbeda, lebih ”sopan” dan tak terlalu galak. Hal ini karena penerapan teknologi mesin RevolutionX V-Twin Engine yang juga dipakai V-Rod. Namun saat knalpot standar diganti versi performance, aura Street 500 berubah drastis menjadi garang.

Akibatnya, aura asli H-D sedikit mengendur. Kembai lagi, sesuai tujuan awal, diciptakan sebagai ikon harian, bukan touring atau cruising. Meski Mabua menggaransi bahwa pembeli model seharga Rp 219 juta off the road ini tetaplah pemilik Harley-Davidson, yang akan mendapatkan perlakuan dan garansi yang sama.

Kesimpulan

Sepeda motor ini menjanjikan pengendaraan yang nyaman untuk digunakan di perkotaan. Namun untuk yang mendambakan karakter menggelegar Harley-Davidson, harus ditambahkan peranti "performance" demi kepuasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com