Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Diam-Diam Mulai Merancang Mobil

Kompas.com - 15/02/2015, 09:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
New York, KompasOtomotif - Raksasa perusahaan teknologi Apple Incorporated mulai serius menciptakan mobil pertamanya. Ihwalnya, produsen ponsel iPhone ini mulai mengontrak sejumlah ahli teknologi otomotif dan desain untuk bergabung bersama dalam satu laboratorium riset rahasia, dilansir Financial Times, Jumat (13/2/2015).

Apakah langkah Apple ini sekedar lagi menyaring bakat-bakat terbaik dalam industri otomotif untuk merekayasa mobil konsep atau sekedar berbagi CarPlay, salah satu aplikasi hiburan dalam sistem audio mobil.

The Wall Street Journal (13/2/2015), berhasil mendapatkan informasi tambahan dari orang dalam, kalau perusahaan lagi mengerjakan kendaraan listrik bermerek Apple. Proyek rahasia ini diberinama "Titan" dan sudah punya desain awal, berbentuk MPV atau minivan. Namun, Apple memiliki keleluasaan untuk tidak melanjutkan prototipe itu.

Salah satu ahli yang berhasil direkrut Apple, adalah Johann Jungwirth, mantan Kepala Pusat Riset dan Pengembangan Mercedes-Benz di Silicon Valley. Kini, dalam status Linkedln jabatannya sudah menjadi Kepala Rancang Bagung Sistem Mac.

"Tiga bulan lalu saya akan mengatakan kalau (proyek) itu adalah CarPlay. Sekarang, saya pikir itu adalah mobil," jelas sumber Apple dilansir Financial Times. Proyek ini mulai bergulir sejak akhir 2014, setelah Apple meluncurkan model keempat arloji pintar sekaligus iPhone6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com