Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Berserah Diri pada Apple dan Google

Kompas.com - 16/09/2014, 14:37 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - General Motors (GM) diam-diam memutuskan untuk tidak lagi terjun dalam industri aplikasi dan menyerahkan pada Apple dan Google (Android). Keputusan ini sekaligus membatalkan rencana produsen mobil terbesar di Amerika Serikat itu meluncurkan salah satu aplikasi yang sempat direncanakan meluncur, OnStar 4G LTE.

Gigaom, seperti dilansir Carscoop (15/9/2014) melaporkan kalau GM seharusnya menawarkan pengguna Chevrolet dengan aplikasi MyLink yang bisa mengunduh aplikasi, seperti iHeart Radio, NPR, atau The Weather Channel langsung di dalam mobil dengan bantuan koneksi nirkabel.

Tapi, semua aplikasi itu kini sudah tidak tersedia. Bahkan, GM memutuskan tidak untuk membuat aplikasi apapun, kecuali yang berkaitan khusus dengan kondisi atau informasi seputar kendaraan. GM memutuskan agar konsumen bisa mengunduh aplikasi buatan Apple atau Google yang sudah tersedia dan sesuai kebutuhannya masing-masing.

GM merasa konsumen lebih nyaman menggunakan CarPlay atau Adroid Auto System ketimbang harus menciptakan aplikasi sendiri. Langkah ini terbilang pintar.

Daripada prinsipal otomotif harus menciptakan divisi baru untuk menciptakan aplikasi yang dibutuhkan individu, lebih baik fokus pada pengembangan kendaraan. Selain itu, biasanya aplikasi buatan prinsipal otomotif, cenderung jarang digunakan konsumen atau tidak efektif ketimbang aplikasi buatan perusahaan teknologi informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com