Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Sistem Mencari Mobil

Kompas.com - 24/08/2014, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif - Lupa lokasi parkir mobil? Apple tengah menyiapkan aplikasi bantuan. Caranya mudah, cukup mengucapkan “find my car” kepada Siri, asisten personal yang bekerja pada perangkat iOS milik Apple.

Dua paten Apple, "Automatic identification of vehicle location" dan "Vehicle location in weak location signal scenarios” yang dipublikasikan situs resmi U.S Patent dan Trademark Office, Kamis (21/8/2014), mengindikasikan rencana pengembangan sistem hiburan kabin Apple CarPlay.

Kedua mekanisme sistem yang dipatenkan memakai kerja GPS, bluetooth, dan berbagai sensor seperti kompas, accelerometer, dan gyroscope. Pemilik hanya perlu “berbicara” kepada Siri lalu mengucapkan “find my car”. Maka aplikasi akan terbuka kemudian menuntun pemilik menemukan mobil.

International Business Times Dua paten Apple untuk memudahkan pemilik mencari mobil.

Kedua paten ini diajukan pertama kali pada Februari 2013, meski begitu belum indikasi Apple akan mengimplementasikan di produk baru mereka. Tapi kemungkinan fitur ini salah satu bagian dari CarPlay.

Sebelumnya Apple telah mengumumkan kerja sama dengan 29 produsen mobil untuk mencangkokkan CarPlay pada sistem hiburan. Baru-baru ini, Mercedes-Benz dan Volvo menyatakan menunda CarPlay hingga 2015, namun merek lain seperti Hyundai, Honda, dan Ferrari tetap pada rencana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com