Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Jadi Barang Koleksi, Ini Pilihan Suzuki Satria FU dengan Kelebihannya

Kompas.com - 22/10/2024, 15:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Satria F 150 atau FU 150 jadi pelopor motor gaya ayam jago (ayago) di Indonesia. Modelnya ramping memakai rangka underbone dipadukan dengan mesin yang bertenaga, 150cc DOHC.

Buat Satria FU 150 memang masih dijual sampai sekarang, versi yang injeksi dengan banderol Rp 28.910.000. Cuma buat yang ingin cari Satria FU yang lama, masih banyak tersedia di pasaran.

Syauqi Albi, Pengguna Beberapa Model Satria FU 150 mengatakan, ada beberapa model yang disarankan kalau mau meminang Satria FU 150 yang lama. Paling disarankan adalah Satria FU 150 yang masih diimpor utuh (CBU) dari Thailand.

Baca juga: Suzuki Satria F150 Pakai Warna Baru, Harga Naik Rp 410.000

Endro Nugroho (tiga dari kiri) bersama jajaran direksi SIS divisi Roda Dua.Agung Kurniawan Endro Nugroho (tiga dari kiri) bersama jajaran direksi SIS divisi Roda Dua.

"Satria CBU (2004-2006) paling memiliki nilai atau value yang bagus, build quality menurut saya paling baik. Memang secara harga membengkak, bahkan bekasnya bisa sampai Rp 35 juta," kata Albi kepada Kompas.com, Selasa (22/10/2024).

Model lainnya yang disarankan adalah Satria FU 150 CKD medio 2006-2008. Modelnya sudah dilengkapi electric starter dengan build quality yang tidak kalah jauh dari model CBU.

"Walau CKD, sebagian komponen masih impor dan dirakit lokal di Indonesia. Selisihnya memang lumayan, saat itu respons pasar juga bagus," kata Albi.

Baca juga: Chery Siapkan MPV buat Indonesia buat Lawan Innova dan Avanza

Suzuki Satria Fu, harga bekasnya terbilang anjlok. Motor tahun 2019, harga bekasnya hanya Rp 8 jutaDicky Aditya Wijaya Suzuki Satria Fu, harga bekasnya terbilang anjlok. Motor tahun 2019, harga bekasnya hanya Rp 8 juta

Model selanjutnya adalah versi facelift yang ganti muka atau lampu depannya. Ada tambahan fitur seperti auto headlamp on (AHO) dan mesinnya masih punya build quality yang baik.

"Terakhir ketika Satria FU 150 sudah semi completely knocked down, hampir semua komponennya sudah buatan Indonesia," kata Albi.

Albi bilang, buat yang terakhir ini terasa ada penurunan kualitas, tidak sebagus yang CBU. Tapi fiturnya banyak, seperti shutter key dan alarm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau