Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Chery Pilih iCar 03 Bukan Jaecoo J6

Kompas.com - 11/10/2024, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery akan menambah jajaran portofolio produknya dengan meluncurkan Chery iCar 03, yaitu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang menggunakan tenaga listrik.

Bila tidak ada halangan, iCar 03 akan diluncurkan pada akhir tahun ini dengan menargetkan konsumen di segmen SUV bergaya boxy kelas menengah.

Baca juga: Daihatsu Kantongi Penjualan 129.848 Unit, Sigra Masih yang Terlaris

Menariknya, di China, iCar 03 memiliki rancang bangun atau platfrom yang sama dengan Jaecoo J6, yaitu sub merek yang berada di bawah Chery.

Chery iCar 03 di GIIAS 2024.Ilham Karim/Kompas.com Chery iCar 03 di GIIAS 2024.

Jaecoo sendiri awalnya direncanakan untuk diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, bulan Juli lalu lewat Jaecco J6. Namun sebaliknya Chery justru membawa iCar 03. 

Zheng Shuo, Asisten Presiden Direktur Chery Sales Indonesia (CSI), menjelaskan bahwa pihaknya memilih memasarkan iCar 03 di bawah merek Chery untuk memperkuat nama Chery di Indonesia.

“Rencananya, iCar 03 akan dibawa ke Indonesia sebagai bagian dari Chery,” kata Shuo saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Baca juga: Penjelasan Chery Indonesia Ekspor Mobil ke Vietnam dan Filipina

“Seperti yang kami sampaikan, saat ini kami fokus mengembangkan jaringan diler dan layanan purna jual untuk Chery. Dengan cara ini, mobil tersebut dapat mendukung layanan purna jual jika berada di bawah merek Chery,” tambahnya.

Interior Chery iCAR 03Kompas.com/Donny Interior Chery iCAR 03

Hal ini menunjukkan bahwa Chery ingin menguatkan posisinya di Indonesia dengan meluncurkan produk yang tepat, ketimbang memperkenalkan merek baru.

Baca juga: Cara Mencegah Kejahatan Saat Berkendara Motor di Malam Hari

Merek Jaecoo, yang belum diperkenalkan di Indonesia, juga memerlukan jaringan penjualan dan layanan purna jual yang berbeda karena citra mereknya yang lebih mewah.

Dari segi desain, iCar 03 dapat disebut menyerupai Mini Defender, dengan dimensi panjang 4.406 mm, lebar 1.910 mm, dan tinggi 1.715 mm, serta jarak sumbu roda mencapai 2.715 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang tersedia dalam tiga kapasitas yaitu 50,63 kWh, 65,69 kWh, dan 69,77 kWh. Baterai dengan kapasitas terbesar dapat menempuh jarak hingga 501 km dalam sekali pengisian daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau