Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Kembalikan Spesifikasi Desmosedici GP23 ke Awal Musim

Kompas.com - 09/10/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati terpaksa mengembalikan spesifikasi Desmosedici GP23 ke awal musim, setelah insiden mogoknya motor Marc Marquez pada MotoGP Indonesia 2024. Kondisi ini membuat para pengguna GP23 mengeluhkan soal performa motor.

Sejak MotoGP Belanda 2024, Ducati menyematkan komponen flywheel yang lebih ringan pada GP23. Komponen ini membantu motor mengurangi slip pada ban belakang dan meningkatkan akselerasi. Sehingga, meningkatkan perasaan para pebalap saat berada di atas motor.

Baca juga: Konsumsi BBM Motor MotoGP Lebih Boros Saat MotoGP Jepang 2024

Tapi, dengan flywheel yang lebih ringan, mesin yang lebih responsif, justru risiko mengalami kegagalan mesin jadi lebih besar. Maka itu, Ducati bertindak cepat agar kejadian serupa tidak terulang kembali di seri-seri berikutnya.

Pebalap VR46 Pertamina Racing Team Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi bersiap melakukan practice pada H-2 di Pertamina Mandalika International Circuit, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat  (27/9/2024)Dok. Pertamina Pebalap VR46 Pertamina Racing Team Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi bersiap melakukan practice pada H-2 di Pertamina Mandalika International Circuit, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (27/9/2024)

Sebelumnya, GP23 disematkan flywheel yang lebih berat. Komponen ini membuat respons mesin lebih lambat. Meski dapat meningkatkan traksi, tapi mempengaruhi motor saat menikung.

Marco Bezzecchi, mengatakan, ubahan pada GP23 yang dirasakan hanyalah kelebihan. Sekarang, perasaan yang lebih baik saat berkendara hilang ketika motor kembali ke spesifikasi awal.

Baca juga: Martin dan Acosta Berhasil Lawan Kekhawatiran di MotoGP Indonesia 2024

"Sekarang semuanya lebih buruk lagi, yang membuat segalanya menjadi lebih sulit bagi saya. Ketika cengkeramannya sedikit, motornya sedikit lebih baik," ujar Bezzecchi, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (9/10/2024).

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Indonesia 2024GORINI_LUCA Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Indonesia 2024

"Tapi, ketika lintasan memiliki cengkeraman yang bagus, seperti di Motegi, motornya tidak bisa berhenti, tidak mau berbelok. Singkatnya, motor ini tidak melakukan apa pun yang saya inginkan," kata Bezzecchi.

Kekecewaan yang sama dirasakan juga oleh rekan setimnya, yakni Fabio Di Giannantonio. Dia bahkan sempat terpikir untuk melakukan operasi pada bahunya dalam waktu dekat, dibandingkan harus menunggu hingga akhir musim.

Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, kala mengalami kerusakan mesin pada lap ke-12 MotoGP Mandalika 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/9/2024). (Photo by BAY ISMOYO / AFP)AFP/BAY ISMOYO Pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, kala mengalami kerusakan mesin pada lap ke-12 MotoGP Mandalika 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/9/2024). (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

"Ketika saya mendengarnya, saya berpikir untuk menjalani operasi bahu sekarang, bukan pada akhir musim seperti yang direncanakan," ujar pebalap yang kerap disapa Diggia tersebut.

Bukan hanya para pebalap Pertamina Enduro VR46 saja yang merasakannya. Tapi, dampak dari perubahan ini juga dirasakan oleh pebalap Gresini Racing, Marc Marquez. Namun, Marquez tidak mau ambil pusing akan hal tersebut.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Indonesia 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Indonesia 2024

"Memang benar bahwa ini adalah perubahan besar dibandingkan dengan Mandalika, dibandingkan dengan motor yang digunakan tujuh hari yang lalu. Ya, pembongkaran itu berdampak besar pada pengendaraan saya, tetapi tidak ada gunanya mengeluh. Anda tidak punya pilihan selain beradaptasi dengan apa yang ada," ujarnya.

Memang sudah menjadi hal umum ketika ada peningkatan di satu bagian, maka ada bagian lain yang harus dikorbankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau