Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] 13 Provinsi yang Masih Gelar Pemutihan | Mematikan Mesin Skutik Pakai Standar Bikin Eror ECU? | Foton eView, Microbus ala HiAce Sudah Diuji Jalan oleh PO Efisiensi

Kompas.com - 09/10/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca ingin tahu soal 13 provinsi yang masih menggelar pemutihan pajak kendaraan bermotor. Begitu pula dengan artikel tentang mematikan mesin skutik pakai standar bisa bikin error ECU.

Artikel tentang Foton eView yang sudah diuji jalan oleh PO Efisiensi juga banyak membuat pembaca penasaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kumpulan artikel otomotif terpopuler pada Selasa (8/10/2024):

1. 13 Provinsi yang Masih Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 4 Oktober 2024Tangkapan layar Pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 4 Oktober 2024

Pajak kendaraan bermotor wajib dibayarkan oleh pemiliknya setiap tahun sesuai peraturan yang berlaku. Bila telat, maka akan dikenakan sanksi berupa denda.

Selain itu, keabsahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) batal secara otomatis bila pajak belum dibayarkan. Sehingga, setiap pengendara bisa kena tilang ketika ada pemeriksaan oleh petugas.

Baca juga: 13 Provinsi yang Masih Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

2. Penjualan Mobil Listrik BYD Tembus 2.000 Unit Sebulan, M6 Mendominasi

BYD M6 GIIAS 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL BYD M6 GIIAS 2024

BYD Indonesia melakukan debutnya pada ajang IIMS 2024 pada Februari lalu. Sementara penjualan efektif baru berjalan pada Juli 2024. Selama dua bulan melakukan distribusi, BYD langsung masuk 10 besar jajaran mobil terlaris di Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis Gaikindo, angka retail sales BYD mencapai 2.047 unit pada Juli lalu, atau berada di posisi 9 terlaris di Indonesia.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik BYD Tembus 2.000 Unit Sebulan, M6 Mendominasi

3. Benarkah Mematikan Mesin Skutik Pakai Standar Bikin Eror ECU?

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.Ari Purnomo Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Ramai dibicarakan di media sosial soal mematikan mesin skutik dengan cara menurunkan standar samping. Memang cara tersebut bisa dilakukan, tapi sebenarnya kurang disarankan.

Fitur standar samping yang turun bisa mematikan mesin sebenarnya buat keamanan. Jadi kalau standar dibuka, mesin motor tidak bisa menyala, mencegah kejadian motor jalan tapi standarnya belum terlipat.

Baca juga: Benarkah Mematikan Mesin Skutik Pakai Standar Bikin Eror ECU?

4. Update Rencana Pabrik BYD di Indonesia, Dibangun Akhir 2025

BYD Indonesia bersama Arista Group meresmikan diler BYD di Summarecon Bekasi      Dok. BYD Indonesia BYD Indonesia bersama Arista Group meresmikan diler BYD di Summarecon Bekasi

Produsen mobil listrik Build Your Dreams (BYD) telah berkomitmen untuk membuka pabrik di Tanah Air, tepatnya di kawasan Subang, Jawa Barat. BYD Indonesia merencanakan operasional secara bertahap dan pabrik ditargetkan mulai dibangun pada tahun depan.

Pabrik baru ini akan menggunakan lahan seluas lebih dari 108 hektar, di mana PT BYD Motor Indonesia telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

Baca juga: Update Rencana Pabrik BYD di Indonesia, Dibangun Akhir 2025

5. Foton eView, Microbus ala HiAce Sudah Diuji Jalan oleh PO Efisiensi

Foton eView, microbus listrik yang dijual Rp 591 jutaKOMPAS.com/FATHAN Foton eView, microbus listrik yang dijual Rp 591 juta

Foton Indonesia pernah memamerkan microbus listrik seperti HiAce dengan nama eView di Giicomvec, Maret 2024. Namun, di Instagram, ditemukan kendaraan niaga listrik tersebut sudah diuji jalan PO Efisiensi.

Lewat unggahan di YouTube Bus Efisiensi Official, ditampilkan bahwa eView sedang diuji jalan. Bahkan, pihak Foton minta operator bus tersebut me-review soal kendaraannya saat digunakan.

Baca juga: Foton eView, Microbus ala HiAce Sudah Diuji Jalan oleh PO Efisiensi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau