Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Zeekr 009, MPV Listrik yang Bakal Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 12/09/2024, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

HANGZHOU, KOMPAS.com - Merek premium asal China, Zeekr, akan masuk ke pasar otomotif Indonesia pada akhir 2024. Zeekr akan membawa dua model salah satunya ialah Zeekr 009.

Zeekr 009 merupakan mobil multi purpose vehicle (MPV) listrik mewah. Segmen yang saat ini masih sedikit pesaingnya di Indonesia karena baru dijajaki oleh MG Maxus 9.

Baca juga: Bagnaia Tidak Setuju Alat Komunikasi Tambahan di MotoGP 2025

Mobil ini pertama diluncurkan akhir 2022. Pabrikan menyebut mobil ini merevolusi segmen yang dulunya stagnan dengan menjadikannya sebagai tolok ukur baru lewat desain avant-garde dan teknologi mutakhir.

 

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Bicara eksterior, tampilan Zeekr 009 bisa dibilang futuristik untuk gaya MPV mengotak. Gril depan dengan bilah-bilah dan bentuk lampu yang tidak biasa membuat tampilannya cukup menarik.

Adapun di bagian belakang, mobil dilengkapi dengan bilah lampu belakang terintegrasi sepanjang 1,47 m. Desain yang unik dan meningkatkan estetika.

Interiornya bertema masa depan. Panel instrument digital 10,2 inci, dan layar sentuh LCD pada bagian tengah dengan ukuran 15,4 inci. Untuk memanjakan kuping tersedia 20 speaker besutan Yamaha.

Baca juga: Bagnaia Tidak Setuju Alat Komunikasi Tambahan di MotoGP 2025

 

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Ada beberapa pilhan kursi mulai dari enam penumpang dan tujuh penumpang. Untuk model enam penumpang kursi baris kedua model captain seat yang menjadi suguhan utama di mobil ini.

Captain seat juga dilengkap dengan sandaran lengan yang bisa ditekuk dan ottoman seat atau leg extender alias tambahan kaki. Prosesnya dilakukan secara otomatis tinggal menekan tombol.

Jok tengah bisa dibuat maju atau mundur dengan rentang jarak yang cukup jauh agar posisi duduk makin nyaman. Bahkan jika kursi baris ketiga dilipat maka kursi baris kedua bisa direbahkan.

Baca juga: Kawasaki Rilis Kendaraan Offroad Roda Empat, Harga Rp 300 Jutaan

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Zeekr memiliki dimensi panjang 5.209 mm, lebar 2.024 mm, tinggi 1.848 -1858 mm dan wheelbase 3.205 mm. Secara keseluruhan dimensinya mirip-mirip dengan Toyota Alphard.

MPV ini mengusung konsep keselamatan 6S6S guna memastikan keenam kursi di dalam mobil aman melalui serangkaian kamera, sensor, dan area keselamatan 720 derajat.

Meski merek China, teknologi Zeekr 009 jangan dianggap remeh. Ini bisa terjadi sebab sebagai bagian dari Geely Holding, induk perusahaan yang juga menaungi Volvo.

Baca juga: Gerai Ini Wadahi Tren Modifikasi Audio di Batam

Zeekr 009Foto: Zeekr Zeekr 009

 

Rancang bangun menggunakan teknologi Geely Sustainable Experience Architecture 1 Platform (SEA 1) yang khusus untuk mobil listrik. Rangkanya dibuat sangat kaku dan beberapa bagian pakai alumunium cast.

Zeekr 009 menggunakan potongan aluminum pada bagian rangka belakang yang besar yangdibuat dengan mesin die-casting terbesar di dunia seberat 7.200 ton.

Hal ini dapat mengurangi deformasi jika terjadi benturan dan meningkatkan kekakuan. Mobil ini juga pernah diuji dengan ditimpa beton berbobot 30 ton. Terlihat kerusakan yang dialaminya sangat minim.

Baca juga: Jajal Singkat Mazda CX-60, SUV Termahal Mazda

Zeekr 009Foto: KOMPAS.com/Gilang Zeekr 009

Belum ada konfirmasi mengenai spesifikasi yang nanti meluncur di Indonesia. Namun di China, mobil dibekali dua motor elektrik sebagai penggerak, ada dua besaran daya yang tersedia yaitu yang menghasilkan 536 Tk dan 778 Tk.

Adapun pilihan baterainya ada tiga yaitu 116 kWh, 140 kWh, dan 108 kWh. Karena pilihan tenaga dan baterainya berbeda-beda, jarak tempuhnya juga tidak sama.

Versi paling rendah diklaim sanggup melintas 702 km sekali isi dan versi tertinggi yaitu 822 km sekali isi. Motor listrik pakai silikon-karbida membuat mobil dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau