Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Singkat Mazda CX-60, SUV Termahal Mazda

Kompas.com - 11/09/2024, 18:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda Power Drive 2024 bakal diselenggarakan di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 21-22 September 2024.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, di mana para penggemar dan konsumen Mazda dapat kesempatan spesial untuk mencoba semua produk Mazda yang tengah dipasarkan di Indonesia melalui sesi test drive.

Sebelum kegiatan ini berlangsung, tim redaksi berkesempatan menjajal lini produk Mazda. Salah satunya adalah CX-60 yang menjadi flagship Sport Utility Vehicle (SUV) dari Mazda. Rute yang dilalui hanya sekitaran Kuningan, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Masuk Era Elektrifikasi, Shell Lubricants Tidak Terpaku Pelumas Mesin

Mazda CX-60 memiliki dimensi panjang 4.740 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.686,5 mm, serta jarak sumbu roda 2.870 mm.

Eksterior CX-60 memiliki bahasa desain yang kental seperti SUV Mazda lainnya. Gril besar dengan model honeycomb masih mendominasi bagian fascia.

Berlanjut ke bagian samping, Mazda CX-60 tampak gagah berkat roda yang besar dan tarikan garis tegas di sepanjang bodi.

Mazda CX-60Kompas.com/Nanda Mazda CX-60

Sementara pada bagian belakang, lekuk bodinya membuat tampilannya terlihat kokoh. Selain itu, ada kesan sporty juga yang dibangun dengan penyematan spoiler kecil di bagian atas.

Saat masuk ke dalam kabin, kesan mewah namun sporty langsung terasa pada SUV premium ini. Area dasbor mengusung material suede berwarna coklat menambah kesan elegan mobil ini.

Untuk posisi berkendara, tidak sulit untuk mendapatkan posisi yang ergonomis. Sebab, setir sudah tilt dan teleskopik dengan pengaturan elektrik. Begitu pun untuk kursi pengemudi dan penumpang yang sudah bisa diatur hanya dengan menekan tombol.

Tanpa berlama-lama penguji mencoba mengendarai CX-60. Meski memiliki dimensi yang cukup besar, mobil ini begitu nyaman saat dikendarai dan tidak butuh lama untuk beradaptasi dengan setir dan pedal gas.

Mazda Power Drive 2024Kompas.com/Nanda Mazda Power Drive 2024

Tenaga yang dikeluarkan dari mesin 3.3 L, 6-silinder sejajar, turbocharged langsung terasa di putaran bawah. Wajar saja, sebab mobil ini memiliki tenaga 280 tk pada 6.000 rpm dan torsi 450 Nm pada rentang 2.000 rpm hingga 3.500 rpm.

Melewati speed trap, bantingan suspensi dari CX-60 juga masih terasa nyaman. Handling pun masih stabil saat dicoba melaju secara zig-zag.

Baca juga: Ganti Ban Mobil, Baiknya Satuan atau Sekaligus?

Sayangnya, lokasi dan waktu pengetesan yang disediakan cukup terbatas. Sehingga, pengetesan CX-60 tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Sebagai informasi, Mazda CX-60 diimpor secara utuh dari Jepang dan saat ini dibanderol Rp 1.188.800.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau