Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Libur Maulid Nabi, Tol Trans-Jawa Jamin Layanan Optimal

Kompas.com - 12/09/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, PT Jasamarga Transjawa (JTT) telah menyiapkan layanan transaksi optimal.

Layanan tersebut disediakan untuk arah Trans-Jawa yang meliputi beberapa wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sepanjang 676 kilometer (km).

Sepanjang Tol Trans-Jawa, PT JTT mengoperasikan 114 gerbang tol dengan 716 gardu layanan transaksi yang terdiri dari 201 gardu akses masuk atau entrance, 269 gardu akses keluar atau exit, dan 246 gardu akses terbuka atau open system.

Baca juga: Perluas Layanan dan Penjualan, Honda Tambah Diler Baru di Yogyakarta

Adapun Tol Trans-Jawa sendiri meliputi Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang Mohamed Bin Zayed, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C, Jalan Tol Semarang-Solo.

Selanjutnya Jalan Tol Solo-Ngawi, Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Gempol-Pasuruan, Jalan Tol Gempol-Pandaan, dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Jasa Marga akan kembali berlakukan potongan tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang Menuju Jakarta pada periode arus balik pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIBJasa Marga Jasa Marga akan kembali berlakukan potongan tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang Menuju Jakarta pada periode arus balik pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB

Direktur Bisnis PT JTT Pratomo Bimawan Putra menjelaskan, jelang periode libur Maulid Nabi Muhammad SAW, PT JTT melakukan pemeliharaan terhadap gerbang dan gardu tol layanan transaksi.

"Pemeliharaan yang dilaksanakan yaitu perawatan rutin terhadap gardu transaksi untuk memastikan gardu tol di ruas jalan tol Trans Jawa dapat beroperasi 100 persen serta memastikan waktu transaksi sesuai Standar Pelayanan Minimal jalan tol," kata Bima dalam keterangan resminya, Rabu (11/9/2024).

Baca juga: Toyota Sebut Flexy Fuel Bisa Jadi Solusi untuk Kurangi Emisi

Menurut Bima, gardu layanan transaksi dibuka siaga 24 jam yang dibagi dalam tiga periode waktu atau shift. Pihaknya memastikan kondisi gardu layanan transaksi berfungsi secara normal agar proses layanan transaksi berjalan dengan lancar.

Gerbang Tol Cikampek UtamaJASA MARGA Gerbang Tol Cikampek Utama

Sebagai antisipasi kepadatan lalu lintas pada masa libur panjang nanti dan untuk menjaga kelancaran serta kenyamanan berkendara, JTT juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk melakukan rekayasa lalu-lintas seperti contra flow secara situasional.

Terakhir, diimbau agar seluruh pengguna jalan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

Baca juga: Tol Baru di Sumut Resmi Beroperasi, Medan-Pematang Siantar 1,5 Jam

Diskon tarif tol selama Lebaran 2024.Dok. Jasa Marga Diskon tarif tol selama Lebaran 2024.

"Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau