Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Baru di Sumut Resmi Beroperasi, Medan-Pematang Siantar 1,5 Jam

Kompas.com - 11/09/2024, 17:42 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meresmikan dua ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumatera Utara pada Selasa (10/9/2024).

Ruas yang diresmikan mencakup Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) Seksi III dan bagian dari Seksi IV Tebing Tinggi – Serbelawan - Sinaksak, dengan panjang total 45,6 km.

Peresmian ini merupakan tonggak penting dalam pengembangan infrastruktur di wilayah Sumatera Utara, yang diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kawasan tersebut.

Baca juga: Berkunjung ke Pabrik Zeekr di China, Suasana Gelap Minim Cahaya

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Binjai-Langsa dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) pada Selasa (10/9/2024).Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Binjai-Langsa dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) pada Selasa (10/9/2024).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini akan segera kita resmikan jalan tol Ruas Tebing Tinggi - Serbelawan - Sinaksak yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 km,” ujar Jokowi, dalam keterangan resmi (10/9/2024).

Jalan tol ini dirancang dengan lebar jalur 3,5 meter dan jumlah lajur 2x2, memungkinkan kecepatan maksimal hingga 100 Kpj.

Dengan kecepatan ini, perjalanan dari Medan ke Pematang Siantar yang sebelumnya memakan waktu hingga 3 jam kini dapat dipangkas menjadi 1 jam 30 menit.

Baca juga: Bocoran Fitur dan Harga Polytron Fox 500 atau T-Rex, Tembus Rp 40 Juta

Pengurangan waktu tempuh ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi mobilitas barang dan orang, serta membuka peluang bagi pengembangan ekonomi dan pariwisata di sepanjang jalur tol.

"Dengan pembangunan jalan tol ini, diharapkan akan semakin mempercepat mobilitas logistik ke berbagai daerah sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain dan meningkatkan pertumbuhan pariwisata menuju destinasi wisata super prioritas Danau Toba,” kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau