Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aismoli Harap Pemerintah Teruskan Subsidi Motor Listrik

Kompas.com - 05/09/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Industri Motor Listrik Indonesia (Aismoli) berharap pemerintah akan kembali melanjutkan program subsidi pembelian sepeda motor listrik pada tahun 2025.

Ketua Umum Aismoli Budi Setiyadi, percaya bahwa pemerintah akan konsisten mempercepat pemakaian motor listrik di mana salah satunya dengan memberikan subsidi.

Baca juga: Hyundai Siap Rilis Mobil Hybrid Sebelum Akhir 2024

“Iya kalau saya lihat arah ke sana ada tapi finalisasinya belum,” kata Budi kepada Kompas.com, Rabu (4/9/2024).

Indonesia Battery Corporation (IBC) menggandeng PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mengimplementasi ekosistem hijau di salah satu kawasan yang dikelola ITDC yakni The Nusa Dua, Bali. Kolaborasi ini ditandai dengan pilot project penggunaan kendaraan operasional berupa shuttle bus listrik dan motor listrik dengan battery swapping station.

DOK. ITDC Indonesia Battery Corporation (IBC) menggandeng PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mengimplementasi ekosistem hijau di salah satu kawasan yang dikelola ITDC yakni The Nusa Dua, Bali. Kolaborasi ini ditandai dengan pilot project penggunaan kendaraan operasional berupa shuttle bus listrik dan motor listrik dengan battery swapping station.

Budi mengatakan, saat ini Aismoli sedang mengusulkan kepada pemerintah untuk terus memberikan subsidi pembelian motor listrik baru.

Sebab subsidi dianggap sukses memantik minat masyarakat beralih menggunakan motor listrik dari sebelumnya motor berbahan bakar minyak.

“Rencana tahun depan, tadi kami dengan semua anggota, kami mengusulkan untuk masih ada insentif,” ujar Budi.

Baca juga: Motor Baru Yamaha Masih Harus Inreyen, Jangan Asal Geber

Penyerapan subsidi motor listrik via Sisapira per-4 September 2024screenshoot/Sisapira Penyerapan subsidi motor listrik via Sisapira per-4 September 2024

“Tetapi resminya saya akan coba semacam hasil kajian, usulan kepada pemerintah semacam reasoning, jadi misalkan berapa kuota (motor listrik) itu akan mengurangi emisi gas rumah kaca berapa, dan mengurangi subsidi BBM jadi berapa,” katanya.

“Jadi pemerintah juga akan memberikan kepada kita, lebih kepada kemampuan anggaran pemerintah,” ujarnya.

Seperti diketahui, kuota subsidi sepeda motor listrik berbasis baterai untuk tahun fiskal 2024 telah habis.

Motor listrik TVS iQubeDok. TVS Motor listrik TVS iQube

Baca juga: Hasil Tes Tabrak Latin NCAP, Toyota Raize Cuma Dapat Satu Bintang

Hal tersebut dapat dicek di data Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira) yang tercatat per 4 September 2024.

Saat ini Subsidi ini tersalurkan untuk 30.607 unit motor listrik kepada masyarakat melalui produsen atau diler terpilih. Adapun pendaftar yang masih berstatus verifikasi sebanyak 9.235 data.

Jumlah motor yang diterima tahun ini sebanyak 60.857 unit pada tahun ini. Jika ditambah tahun 2023 maka total unit motor listrik yang telah tersalurkan kepada masyarakat ialah 72.389 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau