Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dua Mobil yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di Jakarta

Kompas.com - 03/09/2024, 17:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya terdapat dua kendaraan roda empat yang akan digunakan oleh Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus, selama di Jakarta, Indonesia.

Dua kendaraan tersebut ialah Toyota Innova Zenix dan Pindad Maung MV3 yang sudah dimodifikasi khusus. Mobil akan digunakan sebagai alat mobilitasnya 3-6 September 2024 ini.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo menjelaskan dipilihnya Innova Zenix karena merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Paus Fransiskus Pakai Innova Zenix Saat Kunjungan di Indonesia

 

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di IndonesiaKompas.com/ErikaDino Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia

"Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan masyarakat di sini, Toyota Kijang Innova," kata dia dikutip Kompas.com, Selasa (3/9/2024).

Kendaraan keluarga 7-penumpang tersebut lantas menjadi angkutan pertama dari Paus Fransiskus setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pukul 12.30 WIB hari ini.

Duduk di kursi baris depan, Paus Fransiskus dan rombongan langsung bertolak ke Kedubes Vatikan di Jalan Merdeka Utara melalui Jalan Tol Profesor Dr Sedyatmo, dilanjutkan dengan Tol Dalam Kota.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menyampaikan, tidak ada modifikasi khusus pada Kijang Innova Zenix itu. Termasuk penambahan fitur keamanan khusus.

"Namun pengamanan beliau dari Paspampres dan pihak berwenang sepertinya sudah sesuai standar kepala negara," katanya kepada Kompas.com, Selasa.

Mobil kedua yang disiapkan ialah Pindad Maung MV3 yang sudah dimodifikasi menyesuaikan kebutuhan dan standar. Kendaraan juga akan mengenakan pelat nomor khusus yaitu SCV 1 (Status Civitatis Vatcanae 1).

Baca juga: Paus Fransiskus Langsung Menuju Kedubes Vatikan di Jakarta, Simak Rutenya

Popemobile atau mobil kepausan yang akan digunakan Paus Fransiskus untuk bertemu dengan para umat di Tanah Air.instagram.com/teraskatolik_official Popemobile atau mobil kepausan yang akan digunakan Paus Fransiskus untuk bertemu dengan para umat di Tanah Air.

Berdasarkan bocoran yang diterima redaksi, mobil dimaksud sudah dimodifikasi dengan balutan kelir putih dan atau terbuka.

Pada bagian belakang terdapat kanopi besar yang cukup Paus Fransiskus berdiri ketika menyapa umat di Indonesia. Namun, belum ada konfirmasi apakah atap tersebut anti peluru atau tidak.

Sementara di kabin belakang terdapat sofa tunggal yang berada di tengah dan bisa diputar. Selain itu, ada juga kursi lipat pada sisi kiri dan kanan bagian belakang.

Mobil ini juga sudah dibekali tangga untuk memudahkan akses naik-turun Paus Fransiskus dari kendaraan. Rencananya, kendaraan dipakai untuk perjalanan dekat-menengah ketika Misa Akbar, Kamis (5/9/2024) mendatang.

“Nanti ya, saya report ke Panitia gerejanya apakah ok atau tidak,” ujar Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose kepada Kompas.com, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau