Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Pakai Innova Zenix Saat Kunjungan di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2024, 10:34 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Pemimpin tertinggi gereja Katolik itu diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa (3/9/2024) pukul 11.30 WIB.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (3/9/2024), tampak mobil Kijang Innova Zenix berplat SCV 1 terpantau sedang terparkir di area gedung VVIP Bandara Soekarno Hatta. Mobil tersebut kabarnya akan digunakan Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia.

Pelat nomor SCV 1 merupakan singkatan dari Status Civitatis Vatcanae 1 atau kalau diterjemahkan menjadi Negara Kota Vatikan 1.

Berbeda dari kepala negara lainnya ketika berkunjung ke Indonesia, Paul Fransiskus disebut enggan menggunakan mobil mewah dan memilih menggunakan mobil yang sehari-hari digunakan warga kebanyakan.

Baca juga: Harga Pikap Bekas September 2024, Suzuki Carry mulai Rp 55 Jutaan

“Benar, beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat di sini, Toyota Innova,” ucap Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/9/2024).

Bicara soal Innova Zenix yang akan digunakan Paus Fransiskus, tampilan depannya mengindikasikan varian V Hybrid Modellista. Indikasi ini terlihat dari tampilan bumper depan bagian bahwa yang mengusung aksen silver.

Oto Journey 2024 - Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Oto Journey 2024 - Innova Zenix Hybrid

Tim redaksi sudah menghubungi pihak Toyota Astra Motor (TAM) untuk mengonfirmasi terkait hal ini, tetapi hingga berita ini diturunkan belum mendapat jawaban.

Innova Zenix Hybrid meluncur pada 2022, sejak kehadirannya, Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan Toyota ini langsung mendapat respons positif dari pencinta otomotif, terlebih kini dibekali dengan mesin berteknologi hibrida.

Secara tampilan, mobil ini tampak gagah dengan gril besar dan tampilan lampu yang agresif. Begitu pun pada bagian interior yang kini dibuat lebih modern dan syarat akan teknologi.

Innova Zenix Hybrid juga sudah menggunakan platform TNGA GA-C, yang diklaim memiliki banyak kelebihan. Seperti meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil serta suara yang masuk ke dalam kabin.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Menempelkan Kaki di Tuas Kopling Mobil Manual

Dari sektor dapur pacu, Innova Zenix Hybrid dibekali mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-I itu dapat menghasilkan tenaga 174 Ps (171 Hp) pada 6.600 Rpm dan torsi 20,9 Kgm atau (204 Nm) pada 4.500 - 4.900 Rpm.


Selain itu, mesin bakar pada varian hybrid EV-nya mampu menghasilkan tenaga 152 Ps (149 Tk) pada 6.000 Rpm dan torsi 19,1 kgm (187 Nm) pada 4.400 - 5.200 Rpm.

Ketika melaju, kinerja mesin konvensional akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 Ps (111 Tk) dan torsi 21 Kgm (205 Nm) sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 Ps (183 Hp) pada sistem.

Tambahan informasi, Toyota Indonesia saat ini memiliki model konsep Innova Zenix Hybrid yang bisa meminum ethanol 85. Model tersebut bahkan sudah dipamerkan di GIIAS 2024 lalu dan akan diuji awak redaksi pada 5/09/2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau