Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Paus Fransiskus Pakai Pelat Nomor SCV 1, Apa Artinya?

Kompas.com - 03/09/2024, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke Tanah Air hingga 6 September 2024.

Selama kunjungan di Indonesia, Paus Fransiskus bakal menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Sementara saat Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Paus Fransiskus akan menumpangi popemobile buatan dalam negeri Pindad Maung.

Kedua mobil tersebut sudah menggunakan pelat nomor SCV 1. Lantas, apa arti pelat nomor tersebut?

Baca juga: Modifikasi Kembaran Toyota Rangga Bergaya Motorhome

Dikutip dari Bustle, Selasa (3/9/2024), SCV merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae dalam bahasa latin atau kalau diterjemahkan menjadi Negara Kota Vatikan.

Kendaraan Paus Fransiskus saat berkeliling Indonesia menggunakan pelat nomor SCV 1, sama seperti yang digunakan saat di Amerika Serikat.

Popemobile atau mobil kepausan yang akan digunakan Paus Fransiskus untuk bertemu dengan para umat di Tanah Air.instagram.com/teraskatolik_official Popemobile atau mobil kepausan yang akan digunakan Paus Fransiskus untuk bertemu dengan para umat di Tanah Air.

Masih berdasarkan sumber yang sama, setidaknya ada lebih dari lima mobil Paus dengan pelat nomor SCV. Misalnya saja yang disematkan pada mobil Ford Focus yang menggunakan pelat nomor SCV 00919.

Ada juga pelat SCV2 yang disematkan pada mobil Fiat, SCV 3 yang disematkan pada mobil Italia Isotta Fraschini, SCV4 pada mobil Graham-Paige, dan terakhir mobil Citroen dari Paus Pius XI memiliki pelat nomor SCV5.

Baca juga: Tes Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross

Kendaraan yang digunakan Paus biasanya dibekali kaca antipeluru, sedangkan untuk popemobile biasanya sudah dimodifikasi dengan atap terbuka dan kursi yang ditinggikan untuk memudahkan Paus Fransiskus menyapa umat saat Misa Agung.

Sayangnya, untuk spesifikasi mobil yang digunakan Paus Fransiskus di Indonesia, yakni Innova Zenix dan Pindad, cukup dirahasiakan. Belum diketahui secara pasti apakah mobil tersebut sudah dibekali kaca antipeluru atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau