Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Langsung Menuju Kedubes Vatikan di Jakarta, Simak Rutenya

Kompas.com - 03/09/2024, 12:06 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada siang ini, Selasa (3/9/2024).

Sebanyak 545 personel gabungan Kepolisian Republik Indonesia diturunkan di sekitar lokasi guna mengamankannya. Dikabarkan lokasi tersebut juga sekaligus akan menjadi penginapannya selama di Indonesia.

Sehubungan dengan itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyampaikan rekayasa lalu lintas akan diberlakukan secara situasional atau melihat kondisi di lapangan.

Baca juga: Paus Fransiskus Pakai Innova Zenix Saat Kunjungan di Indonesia

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di IndonesiaKompas.com/ErikaDino Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia

"Setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, nanti akan menuju Kedubes Vatikan yang ada di sekitar Jalan Merdeka Utara," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa.

Lebih rinci, Paus Fransiskus dan rombongan akan memasuki Jalan Tol Profesor Dr Sedyatmo, dilanjutkan dengan Tol Dalam Kota. Selanjutnya, akan memasuki jalur Sudirman-Thamrin hingga akhirnya tiba di area Jalan Merdeka Utara.

"Sehingga perlu diketahui oleh masyarakat rangkaian kebesaran ini tentunya seluruh jalur yang akan dilintasi oleh Bapak Paus ini adalah clear," tegas Latif.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Menempelkan Kaki di Tuas Kopling Mobil Manual

Esok hari, Rabu (4/9/2024) Paus Fransiskus akan berkunjung ke Istana Negara dan Gereja Katedral mulai pukul 16.00 WIB. Oleh karenanya, lalu lintas di sekitar Bundaran HI-Tanah Abang serta Menteng bakal direkayasa kembali.

Pada Kamis (5/9/2024), kunjungan dilanjutkan yang dimulai ke Masjid Istiqlal pada pukul 08.30 WIB, sebelum akhirnya menggelar Misa Agung di Stadium Utama Gelora Bung Karno (GBK) pukul 15.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau