Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Lengkap Burgman Street 125EX, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 29/08/2024, 17:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Burgman Street 125EX yang meluncur pada ajang IMOS 2023 menjadi produk bergaya skutik gambot, tapi dengan dapur pacu berkapasitas kecil.

Secara dimensi, Burgman Street 125EX memiliki ukuran (PxLxT) 1.875 mm x 700 mm x 1.140 mm, serta jarak sumbu roda 1.290 mm.

Ukurannya kurang lebih mirip dengan Honda Vario 125 atau Yamaha Freego 125. Tapi posisi berkendara yang ditawarkan mirip NMAX atau PCX dengan setang yang lebih rendah.

Kemudian, Burgman Street 125EX mengusung ban ukuran 90/90-R12 di depan dan 100/80-R12 di belakang.

Baca juga: Tips Pilih Isuzu Panther Bekas, Cari yang 2008 ke Atas

Test ride Suzuki Burgman Street 125EXKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Suzuki Burgman Street 125EX

Dengan bodi yang cukup besar dan roda ukuran kecil membuat desain motor ini memang agak unik dibandingkan kompetitornya.

Meski terbilang unik dari sisi tampilan, motor ini menawarkan kepraktisan dan fungsionalitas tinggi. Cocok buat Anda yang sehari-hari mengandalkan motor buat beraktivitas.

Pertama, Burgman Street 125EX punya beberapa kompartemen yang berguna bagi pengendara. Pada laci depan misalnya, selain bisa menaruh ponsel pintar, juga bisa untuk mengecas. Bahkan laci di depan kiri juga bisa untuk menaruh botol air mineral 600 ml.

Sementara di laci sebelah kanan terdapat ruang terbuka yang berguna untuk menaruh sarung tangan, uang receh buat parkir, atau barang-barang lainnya.

Baca juga: Lebih Baik Ban yang Kurang atau Kelebihan Tekanan Udara?

Kemudian di dek tengah, terdapat dua gantungan tepatnya di bawah setang dan bawah jok. Kemudian deknya juga lebar bisa untuk menaruh galon atau tas ukuran besar.

Keunggulan berikutnya terdapat pada bagasi seluas 21,5 liter, yang muat beberapa jenis helm. Saat tidak ditempati helm, bagasi ini amat berguna buat menaruh berbagai keperluan pengendara.

Berlanjut ke fitur, meskipun bukan yang paling canggih, sederet fitur dan teknologi dimiliki oleh Suzuki Burgman Street 125EX. Mulai panel instrumen berupa layar LCD monokrom, yang bentuknya mirip dengan mayoritas motor Suzuki keluaran baru yang dijual saat ini.

Isinya terbilang lengkap, ada spidometer digital besar, indikator suhu mesin di sebelah kanan, fuelmeter, jam digital, fuel cons. realtime, fuel cons. average, odometer, tripmeter A & B, tegangan aki dan pengingat interval penggantian oli.

Baca juga: Jajal Burgman Street 125EX buat Harian, Konsumsi BBM Tembus Segini

Test ride Suzuki Burgman Street 125EXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Suzuki Burgman Street 125EX

Pada sisi kanan dan kiri layar LCD terdapat indikator lampu jauh, sein, indikator MIL, ECO yang akan menyala hijau serta indikator EASS (Engine Auto Stop-Start) yang akan menyala ketika diaktifkan.

EASS dapat diaktifkan dengan menekan tombol di setang kanan, tombol ini menjadi satu dengan tombol start di bagian bawahnya.

Tingkat kecerahan juga terbilang baik. Layar instrumen dapat terlihat jelas saat berkendara pada siang dan malam hari.

Kemudian, pada bagian kompartemen sebelah kiri dilengkapi dengan USB power outlet 2A. Fitur ini jelas berguna buat mengecas ponsel pintar, apalagi terdapat penutup untuk keamanan.

Baca juga: Penyebab Umum Mobil Manual Gagal Menanjak Saat di Tanjakan

Test ride Suzuki Burgman Street 125EXKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride Suzuki Burgman Street 125EX

Sementara itu, Burgman Street masih menggunakan kunci kontak dengan anak kunci konvensional, belum model Smart Key.

Meski begitu, sistem kuncinya sudah menggunakan pengaman magnet yang dapat ditutup dengan menekan tombol. Lubang kunci juga sekaligus dapat digunakan untuk membuka bagasi, jadi tak perlu lagi cabut anak kunci.

Sistem pengereman motor ini pakai cakram 190 mm yang dijepit oleh kaliper Nissin 1 piston di depan. Adapun rem belakang menggunakan teromol. Performa pengereman terbilang biasa saja, tapi tuas rem rasanya empuk di genggaman.

Beralih ke suspensi, depan pakai teleskopik. Sedangkan sokbreker belakang masih bertipe single shock. Bantingannya terasa nyaman saat dipakai boncengan, Sementara saat sendiri agak kaku.

Baca juga: Skema Kredit Suzuki Burgman Street 125EX, Cicilan mulai Rp 700.000

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau