Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pilih Isuzu Panther Bekas, Cari yang 2008 ke Atas

Kompas.com - 28/08/2024, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu Panther jadi MPV legendaris di Indonesia yang sudah tidak dijual lagi. Ada beberapa generasi dari 1990-an sampai terkahir di 2021, dari model kotak, kapsul, sampai touring.

Buat yang cari unit Panther bekas, bisa ditemukan dengan harga kisaran Rp 30 jutaan sampai Rp 100-an juta. Ada beberapa tips buat memilih Panther bekas yang kondisinya baik, seperti dikatakan Andreas Liem, Pemilik Bengkel Panther Motor di Pasar Mobil Kemayoran.

"Isuzu Panther itu serbaguna, mobil bandel. Kalau mau, paling mentok 2008 ke atas, yang touring juga boleh," kata pria yang akrab disapa Aphin kepada Kompas.com, Rabu (28/8/2024).

Baca juga: Menu Mobil Bekas di Bawah Rp 60 Juta, Ada Panther, Avega hingga Katana

Ilustrasi Isuzu PantherGridOto.com Ilustrasi Isuzu Panther

Aphin menjelaskan, Panther yang 2008 ke atas sudah menggunakan laher atau bearing yang lebih besar. Sedangkan kalau Panther yang lama, lahernya berukuran kecil, jadi kurang kuat.

"Yang harus dilihat, pertama bodinya, dempulan atau bekas tabrakan. Kedua, hidupkan mesin sambil dibuka tutup oli, kalau keluar asap, itu harus turun mesin," kata Aphin.

Sebenarnya kalau Panther mobil yang kuat selama dirawat dengan baik. Kaki-kakinya sudah bawaan dan kuat, tidak usah dikhawatirkan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Merawat Power Window Bisa Pakai Minyak Goreng?


"Panther kalau rajin kontrol oli, filter, buat rusak mah jauh (susah), kuat ini. Filter oli, udara, solar, sama oli perseneling, gardan, ada waktunya diganti," kata Aphin.

Jadi Panther cukup direkomendasikan kalau mau jadi mobil yang digunakan sehari-hari. Perawatannya terbilang mudah ditambah harga sparepart yang relatif terjangkau dibanding SUV diesel lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau