Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Luncurkan SUV Baru, Punya Varian EV dan PHEV

Kompas.com - 29/08/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif SAIC-GM Wuling (SGMW) resmi meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru, yakni Wuling Stalight S. Mobil ini hadir dalam varian Electric Vehicle (EV) dan Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Dikutip dari Carnewschina, Kamis (29/8/2024), Wuling Starlight S memiliki dimensi panjang 4.745 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1685 mm, serta jarak sumbu roda 2.800 mm. Artinya, secara dimensi mobil ini lebih besar dari BYD Atto.

Secara tampilan, mobil ini dibekali dengan desain yang sporty. Tampilan depan cukup agresif berkat desain lampu utama yang membentuk sudut. Karakter mobil SUV juga terlihat di bagian samping, lengkap dengan over fender, side skirt, dan roof rack di bagian atap.

Baca juga: Ojol dan Kurir Gelar Demo Siang Ini, Berikut Jalur yang Bakal Ditutup

Pada bagian kabin, interior Wuling Starlight S dilengkapi dengan layar head unit berukuran 15,6 inci, dan panel instrumen persegi panjang 8,8 inci.

Jok dibungkus dengan bahan kulit, dan semua trim dilengkapi dengan kursi pengemudi 6 arah yang dapat disetel secara elektrik. Mobil ini juga sudah kemampuan bantuan mengemudi level 2.

Wuling Starlight SCarnewschina Wuling Starlight S

Untuk model listrik murni didukung baterai Shenlian 2C (tipe lithium iron phosphate) berkapasitas 60 kWh. Menggunakan motor listrik depan yang menghasilkan tenaga 150 kW (201 hp) dengan torsi 310 Nm.

Wuling Starlight EV diklaim bisa menghasilkan jarak tempuh hingga 510 km. Pabrikan asal Tiongkok ini mengklaim dengan mengisi daya selama 15 menit dapat meningkatkan jarak tempuh hingga 200 km.

Sementara untuk varian PHEV didukung oleh mesin 1.5L, menghasilkan tenaga 78 kW (105 hp) dan torsi 130 Nm.

Mesin tersebut mendapat tambahan motor listrik dengan dua pilihan baterai yakni 9,6 kWh dan 20,5 kWh. Dengan baterai tersebut bisa menghasilkan jarak tempuh 60 Km hingga 130 Km.

Wuling Starlight SCarnewschina Wuling Starlight S

Baca juga: Cara Menghadapi Turunan Pakai Mobil Matik, Jangan Cuma Andalkan Rem

Masih berdasarkan sumber yang sama, Wuling Starlight S ditawarkan dalam lima trim. Dibanderol mulai 99.800 Yuan atau sekitar Rp 216 jutaan, hingga 129.800 Yuan atau Rp 281 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau