Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Buruk Menggunakan Oli Kompresor AC yang Tidak Sesuai

Kompas.com - 24/08/2024, 10:22 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan oli kompresor AC yang digunakan sesuai dengan spesifikasi kendaraan bukan hanya sekadar rutinitas perawatan, tetapi juga merupakan langkah penting untuk menjaga kinerja AC mobil tetap optimal.

Pemilihan oli kompresor yang tidak sesuai dapat menimbulkan berbagai konsekuensi serius yang berdampak pada kenyamanan dan biaya perbaikan yang tinggi.

Lung Lung, pemilik bengkel Dokter Mobil, menegaskan bahwa oli kompresor AC harus diganti secara berkala setiap 20 ribu kilometer.

Baca juga: Nissan Resmi Serahkan All New Serena e-Power ke Konsumen

"Oli kompresor AC sangat penting untuk kinerja AC. Oli ini perlu diganti setiap 20 ribu kilometer. Jenis oli AC sangat spesifik dan tergantung pada jenis mobilnya," jelas Lung Lung kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2024).

Ia menambahkan bahwa setiap jenis mobil memiliki kebutuhan oli yang berbeda, dan penggunaan oli yang tidak sesuai dapat menurunkan performa AC serta mempercepat kerusakan komponen.

Salah satu konsekuensi utama dari penggunaan oli yang tidak sesuai adalah penurunan kemampuan AC dalam mendinginkan kabin mobil.

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/Gilang Kompresor AC mobil

"Jika menggunakan oli yang tidak sesuai, bisa timbul masalah seperti penurunan dingin dan kerusakan komponen yang lebih cepat," lanjut Lung Lung.

Kerusakan ini tidak hanya berdampak pada kenyamanan berkendara tetapi juga berpotensi menimbulkan biaya perbaikan yang jauh lebih tinggi dibandingkan penggantian oli secara rutin.

Baca juga: Modifikasi Digital Wuling Air ev, Jadi Pikap Dua Pintu

Lung Lung juga mengingatkan, meskipun harga oli kompresor mahal, tapi tak sebanding dengan biaya perbaikan akibat kelalaian.

"Harga oli kompresor jauh lebih mahal dibandingkan oli biasa (mesin) karena oli kompresor harus mampu mengalirkan suhu dingin dan bekerja pada temperatur minus. Tapi, lebih mahal lagi biaya perbaikan kalau lalai ganti," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau