Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan RPM Mobil Matik Saat Melakukan Engine Brake

Kompas.com - 24/08/2024, 07:22 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Saat melewati jalan menurun pengemudi kendaraan roda empat perlu melakukan engine brake dengan benar untuk menjaga kecepatan dan keamanan.

Melakukan engine brake di turunan penting dilakukan, karena dapat membantu mengurangi beban pada sistem rem dan mencegah overheating atau keausan berlebih pada komponen rem.

Kemudian, pada mobil matik, engine brake juga bisa dilakukan dengan cara memindahkan tuas transmisi ke posisi yang lebih rendah dengan memperhatikan laju kendaraan.

Baca juga: Nissan Resmi Serahkan All New Serena e-Power ke Konsumen

Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.MMKSI Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengatakan, kalau mobil matik tinggal pindah tuas gigi rendah, dan otomatis akan terjadi proses engine brake.

“Pindah tuas ke posisi rendah bisa ke 3, 2 atau L. Semakin rendah maka makin besar efek engine brake,” kata Muchlis kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia juga mengatakan, untuk mobil matik CVT tuas transmisi bisa pindah ke posisi S atau M dan geser ke aras minus (-), dengan begitu akan menurunkan gigi transmisi dan meningkatkan efek engine brake.

Baca juga: Modifikasi Digital Wuling Air ev, Jadi Pikap Dua Pintu


Namun, saat memindahkan tuas transmisi pastikan untuk memperhatikan kecepatan dan revolutions per minute (RPM).

“Untuk L antara kurang lebih 20 kilometer per jam, kemudian untuk pindah ke posisi 2 kurang lebih 30 kilometer per jam. Sementara, posisi 3 kurang lebih 60 kilometer per jam, dan untuk putaran mesinn antara 3.000 sampai 4.000 Rpm,” kata Muchlis.

Dengan memahami teknik engine brake yang benar, pengemudi mobil matik dapat meningkatkan keamanan berkendara, memperpanjang umur komponen kendaraan, dan mengurangi risiko kecelakaan saat melewati jalan menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau