Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Masalah Ketika Kendaraan Gunakan Busi Palsu

Kompas.com - 24/08/2024, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peredaran busi palsu yang dapat merugikan pengguna kendaraan masih cukup marak di pasaran. Apalagi dengan hadirnya toko-toko online.

Meski dimudahkan hanya tinggal memesan secara daring, tapi di satu sisi pembeli tak bisa melakukan pengecekan secara langsung.

Seperti diketahui, kerugian menggunakan busi palsu tak sekadar karena sudah mengeluarkan uang untuk membeli saja, tapi ada dampak yang lebih fatal, yakni kerusakan pada kendaraan.

Menurut Citra Aji Sanjaya, Marketing Manager PT Niterra Mobility Indonesia selaku distributor NGK mengatakan, busi palsu memiliki kualitas material yang sangat rendah, karena itu penggunaannya bisa berisiko.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini Waktu Ideal Mengganti Busi Motor

Busi NGK KOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi NGK

"Bensin boros karena pengapian yang kurang baik, sampai kemungkinan terburuk mesin bisa rusak karena keramik pecah dan masuk ke dalam mesin sehingga berdampak pada piston," kata Citra Aji Sanjaya beberapa waktu lalu.

Karena itu disarankan, baiknya pemilik kendaraan tidak mudah tergiur dengan iming-iming oknum pedagang busi palsu, baik di toko online atau offline, yang menawarkan harga lebih murah.

Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia menjelaskan, penggunaan busi palsu pada kendaraan tak hanya merugikan dalam jangka panjang seperti kerusakan mesin, tapi bisa dirasakan seketika.

Baca juga: Motor Lawas Jangan Asal Pakai Oli Encer

Ilustrasi busi motor.Wahana Honda Ilustrasi busi motor.

Menurutnya, ketika konsumen sudah terjebak dan membeli busi palsu, dari waktu itu juga sudah dirugikan lantaran secara manfaatnya pun sudah tidak ada.

"Bukan hanya efek ke mesin, namun memang sudah tidak ada manfaat sama sekali yang bisa didapat dari penggunaan busi atau komponen palsu," ujar Diko.

Baca juga: Bukan Racing, Ini Arti Kode R pada Busi

Busi laser iridium NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi laser iridium NGK

Jika pemilik kendaraan yang baru saja mengganti busi dan merasakan efek tarikan yang berat, boros bahan bakar, mesin brebet, dan sulit di starter, bisa jadi yang dibeli merupakan salah satu busi yang dipalsukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau