Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] PO Mtrans Borong 26 Bus Baru Pakai Bodi Avante Series | Tanda Cairan Coolant Sudah Tidak Layak Pakai | Impresi Awal Coba Toyota Fortuner Facelift

Kompas.com - 13/09/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin tahu tentang PO Mtrans yang memborong 26 bus baru pakai bodi Avante Series. Kemudian, banyak juga pembaca yang ingin tahu tanda cairan coolant yang sudah tidak layak pakai.

Selain itu, artikel mengenai impresi awal coba Toyota Fortuner facelift juga banyak membuat orang penasaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kumpulan artikel otomotif terpopuler pada Kamis (12/9/2024):

1. PO Mtrans Borong 26 Bus Baru Pakai Bodi Avante Series

Bus baru milik PO MtransInstagram @tentrembusofficial Bus baru milik PO Mtrans

Perusahaan otobus (PO) Tentrem meluncurkan 26 bus baru buatan Karoseri Tentrem menggunakan balutan Avante Series. Secara rinci, 20 unit bus menggunakan varian Avante H8 Grand Captain, kemudian enam unit bus menggunakan bodi Avante H7 Grand Priority.

Bodi Avante dengan varian Grand Captain punya ciri khas mengusung ke best view experience. Oleh karena itu, posisi bangku penumpang paling depan ada di atas sopir agar mendapatkan pemandangan yang jelas ke luar.

Baca juga: PO Mtrans Borong 26 Bus Baru Pakai Bodi Avante Series

2. Truk Kontainer Gagal Menanjak Timpa Avanza, Selalu Ingat Jaga Jarak

Kecelakaan maut yang melibatkan dua kendaraan Minibus, dan Truk Kontainer di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Rabu (11/9/2024). Toyota Avanza bernomor polisi BK 1671 QA ringsek dan tiga orang penumpang meninggal dunia akibat ditimpa peti kemas.TRIBUN-MEDAN.com/Alif Alqadri Harahap Kecelakaan maut yang melibatkan dua kendaraan Minibus, dan Truk Kontainer di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Rabu (11/9/2024). Toyota Avanza bernomor polisi BK 1671 QA ringsek dan tiga orang penumpang meninggal dunia akibat ditimpa peti kemas.

Kecelakaan fatal terjadi di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Sumatera Barat, Selasa (10/9/2024). Insiden ini melibatkan truk kontainer dan mobil Toyota Avanza yang tertimpa peti kemas.

Kejadian bermula ketika truk kontainer yang datang dari arah Rantauprapat tidak mampu menanjak di kawasan Sibayak, Kecamatan Air Batu. Truk tersebut kemudian mundur dan peti kemas yang dibawanya jatuh menghantam Toyota Avanza yang berada di belakangnya.

Baca juga: Truk Kontainer Gagal Menanjak Timpa Avanza, Selalu Ingat Jaga Jarak

3. Tanda Cairan Coolant Sudah Tidak Layak Pakai, Ini Gejalanya

Ilustrasi menuang coolant ke radiator.Auto2000 Ilustrasi menuang coolant ke radiator.

Coolant atau cairan pendingin memiliki peran penting dalam menjaga suhu mesin mobil tetap stabil.

Namun, seiring waktu pemakaian, coolant dapat kehilangan kemampuannya sehingga perlu diganti. Lalu, apa saja tanda-tanda coolant sudah tidak layak pakai?

Baca juga: Tanda Cairan Coolant Sudah Tidak Layak Pakai, Ini Gejalanya

4. Ini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir Paralel

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Kejadian mobil tidak bisa didorong saat parkir paralel masih seringkali ditemui. Ini tentu sangat merepotkan, apalagi jika kondisi parkiran kendaraan sangat terbatas.

Hal ini sering kali ditemui pada pengguna mobil matik yang salah mengatur posisi tuas transmisi, sehingga tidak bisa didorong saat parkir paralel. Untuk memastikan mobil matik bisa didorong dan mudah digerakkan saat parkir paralel, ada yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Ini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Parkir Paralel

5. Makin Canggih, Impresi Awal Coba Toyota Fortuner Facelift

Impresi awal coba Toyota Fortuner faceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Impresi awal coba Toyota Fortuner facelift

Toyota Fortuner facelift yang meluncur belum lama ini mendapatkan pembaruan dari berbagai sisi. Namun demikian, pembaruan paling signifikan datang dari fitur yang makin canggih.

Dari sisi mesin, New Fortuner masih mengusung dapur pacu 1GD berkapasitas 2.800 cc turbo diesel yang di atas kertas mampu memproduksi tenaga hingga 201 Tk pada 3.400 rpm dan torsi sebesar 499,1 Nm pada putaran 1.600 sampai 2.800 rpm.

Baca juga: Makin Canggih, Impresi Awal Coba Toyota Fortuner Facelift

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau