Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Edukasi untuk SMK dan Mekanik di Jawa Timur

Kompas.com - 22/08/2024, 18:11 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Autochem Industry menggelar kegiatan #PrestoneMengajar yang kali ini berlangsung di SMK Negeri 10 Malang, Jawa Timur. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 140 siswa dari kelas 10 hingga 12, terutama dari jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Kegiatan edukasi ini terbagi menjadi dua sesi utama. Sesi pertama adalah pemaparan materi tentang teknologi rem kendaraan bermotor, termasuk pengetahuan tentang produk cairan rem.

"Salah satu alasan penggantian rutin itu adalah karena sifat cairan rem yang higroskopis atau mudah menyerap air, yang dapat membuat rem lebih rentan blong, apalagi dengan iklim tropis di Indonesia," jelas Dhany Ekasaputra, Promotion Manager & Technical Support PT Autochem Industry, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: Penampakan Popemobile yang Akan Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia

Sesi kedua adalah praktik langsung penggantian cairan rem oleh para peserta. Setiap siswa diberi kesempatan untuk melakukan penggantian secara mandiri dengan bimbingan dari instruktur.

"Senang dengan acara seperti ini, karena sesuai dengan project by learning, yaitu belajar dari produk, product knowledge, jasa, dan praktik secara langsung," ujar Muhammad Rizal, salah satu pendidik di SMK Negeri 10 Malang.

PT Autochem Industry menggelar #PrestoneMengajar di SMK Negeri 10 Malang, meningkatkan pengetahuan siswa dan mekanik tentang teknologi otomotif.PT Autochem Industry PT Autochem Industry menggelar #PrestoneMengajar di SMK Negeri 10 Malang, meningkatkan pengetahuan siswa dan mekanik tentang teknologi otomotif.

Sehari sebelum acara di Malang, PT Autochem Industry juga mengadakan kegiatan serupa di Pasuruan, Jawa Timur, yang diikuti oleh 125 mekanik dari 80 bengkel di wilayah Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Pada kesempatan tersebut, diberikan materi tentang pelumas mesin kendaraan, pentingnya cairan rem, dan radiator coolant.

"Kami menganggap, dari sisi pemahaman tingkat dasar, pengetahuan para mekanik Tanah Air sudah memadai. Kewajiban kami dari pihak industri adalah memberikan informasi terbaru tentang berbagai perkembangan di dunia otomotif yang relevan agar rekan-rekan mekanik bisa semakin bertambah pengetahuannya," ungkap Dhany.

Baca juga: Penampakan Popemobile yang Akan Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia

Sementara itu, Sofyan, Ketua Mekanik Motor Injeksi, berharap adanya gathering ini, para mekanik bisa lebih maju ke depan sekaligus belajar bersama, dan sebagai ajang silaturahmi serta tukar informasi antar mekanik itu sendiri.

Melalui program #PrestoneMengajar dan kegiatan lainnya, PT Autochem Industry terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para mekanik dan siswa SMK, yang diharapkan dapat berdampak positif pada kualitas perawatan kendaraan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau