Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Popemobile yang Akan Dipakai Paus Fransiskus di Indonesia

Kompas.com - 22/08/2024, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemimpin tertinggi gereja Katolik, Paus Fransiskus, akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Kunjungan tersebut juga akan dimaknai sebagai kunjungan kepala negara.

Dalam setiap kunjungan Paus akan menggunakan mobil khusus yang disebut popemobile atau mobil kepausan. Adapun untuk kunjungan di Indonesia tahun ini, popemobile akan disediakan oleh Pindad.

Baca juga: Jangan Salah, 2 Rambu Lalu Lintas Menanjak Ini Punya Arti Berbeda

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Katolik Garis Lucu, terlihat popemobile menggunakan basis Pindad Maung, dan menggunakan pelat nomor SCV 1 dengan tulisan merah berlatar putih.

“Plat nomor Mobil Paus (Popemobile) adalah "SCV 1". "SCV" adalah singkatan dari Status Civitatis Vaticanae yang dalam Bahasa Latin artinya Negara Kota Vatikan,” tulis penjelasan akun dikutip Kompas.com, Kamis (22/8/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Komunitas Katolik Garis Lucu (@katolik_garis_lucu)

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, tidak membantah popemobile menggunakan mobil Pindad Maung. Namun demikian dia tidak bisa memberikan keterangan teknis.

“Nanti ya, saya report ke Panitia gerejanya apakah ok atau tidak,” ujar Abraham kepada Kompas.com, Rabu (21/8/2024).

Baca juga: Ini Tantangan Leasing Saat Pembiayaan Mobil Listrik

Pindad Maung yang dipakai untuk popemobile merupakan atap terbuka yang dimodifikasi dengan tambahan penutup kepala tinggi yang cukup untuk berdiri. Belum ada konfirmasi apakah atap tersebut anti peluru atau tidak.

Bagian belakang mobil juga terbuka ala pikap. Ditengarai hal tersebut untuk memudahkan Paus Fransiskus dan rombongan saat berkeliling.

Kendaraan Operasional (Ranops) MV3 - Maung Tangguh buatan PT Pindad yang membawa duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi dalam kirab dari Monas menuju ke Halim Perdanakusuma dan berlanjut ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024).Dok. PT Pindad Kendaraan Operasional (Ranops) MV3 - Maung Tangguh buatan PT Pindad yang membawa duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi dalam kirab dari Monas menuju ke Halim Perdanakusuma dan berlanjut ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (10/8/2024).

Bicara spesifikasi Maung, merupakan kendaraan taktis (rantis) yang dirancang guna mendukung operasi jelajah medan sulit dan kendaraan untuk mengangkut personel dengan daya tampung 4 orang.

Maung memiliki dimensi dengan panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter dengan wheel base atau jarak sumbu roda 2,8 meter.

Baca juga: Kualitas BBM Jadi Salah Satu Faktor Otomotif Harus Geser ke EV

Maung juga memiliki ground clearence 0,3 meter dan ditenagai mesin diesel 1.900 cc dengan daya 136 Tk. Mobil dapat melaju pada kecepatan 120 Kpj dengan jarak tempuh mencapai 650 Km.

Suspensi Maung menggunakan independent coil spring with gas shock absorber. Maung juga dilengkapi suspensi belakang rigid 5-link coil spring with gas shock absorber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau