Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Konsumen Kena Getok Harga di Bengkel Motor Umum

Kompas.com - 22/08/2024, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada video viral pengendara yang protes ke bengkel karena ganti komponen tanpa memberi tahu harganya. Video tersebut disebar ke media sosial, salah satunya diunggah akun bacottetangga di Instagram.

Pada video tersebut, terlihat pemilik motor sedang protes ke kasir bengkel. Katanya pihak bengkel main pasang saja dan tiba-tiba keluar tagihan sebesar Rp 1,5 juta.

"Setuju ga setuju, kamu kan bilang ganti saja, nanti saya bilang, harganya ini nanti. Harganya memang tidak saya kasih tahu, tunggu dulu harga ya ini cek dulu," kata kasir tersebut, ke perekam, dikutip Kompas.com, Kamis (22/8/2024).

Baca juga: DAMRI Luncurkan Bengkel Perawatan dan Pemeliharaan Bus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BACOT (@bacottetangga___)

 

Hal yang disayangkan si pemilik motor adalah pihak bengkel tidak konfirmasi berapa harga dari komponen yang diganti. Jadi setelah selesai, malah baru diberi tahu biayanya, pemilik motor jelas tidak terima.

Tentu kejadian seperti di atas bisa dihindari, selama bengkel yang menyediakan jasa, jujur dan melakukan tindakan sesuai kesepakatan. Jadi tidak asal pasang suku cadang, tapi perlu adanya kesepakatan.

Sumantri Tanuwijaya, Pemilik Bengkel Jaya Motor di Cikupa Tangerang mengatakan, selama ada pelanggan, segala tindakan harus berdasarkan kesepakatan.

Baca juga: Jangan Salah, 2 Rambu Lalu Lintas Menanjak Ini Punya Arti Berbeda

"Segala tindakan ya harus persetujuan dua pihak," ucap pria yang akrab disapa Koh Jaya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu yang harus disetujui sebelum tindakan adalah harga dari komponen. Kalau memang mahal, tentu bisa ditawarkan alternatif lain, bukan asal pasang tanpa konfirmasi harga.

"Biasanya kan pada tanya, berapa ya kira-kira, apa saja yang diganti ya, saya selalu jawab bongkar dulu. Tapi harus tetap persetujuan dua pihak," ucap Koh Jaya.

Jadi, bengkel harus izin soal tindakan yang akan dilakukan ke motor pelanggan. Saran buat pemilik motor harus aktif, menanyakan biaya yang bisa diberikan saat bengkel melakukan tindakan ke motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau