Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Laten Menaruh Kaki di Dasbor Mobil

Kompas.com - 21/08/2024, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan oleh penumpang mobil di depan adalah menaruh kaki di dasbor. Hal tersebut dianggap sebagai posisi santai, terutama ketika perjalanan jauh.

Tidak hanya dilakukan saat mobil berhenti, namun masih banyak yang menaruh kaki di dasbor ketika mobil sedang berjalan. Padahal, aksi tersebut sangat berbahaya.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @innovacommunity, memperlihatkan tayangan edukasi dari bahaya menaruh kaki di dasbor. Pada rekaman tersebut tampak boneka dengan wujud manusia sedang menaruh kaki di dasbor saat mobil sedang berjalan.

Baca juga: Honda Sampaikan Rentang Harga Jual Step WGN di Indonesia

Mobil kemudian mengalami tabrakan dan benturan yang cukup keras, pada saat yang bersamaan airbag yang terletak pada dasbor meledak keluar dan mencederai kaki penumpang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ketika di kabin, semua penumpang wajib duduk sempurna dan menggunakan safety belt.

“Ada kalanya dalam perjalanan si penumpang merasa letih, kaki tertekuk terus menerus dan ingin berselonjor kakinya, karena keterbatasan tempat sebagian penumpang depan kadang menaikan kakinya ke atas dasbor. Di satu sisi memang terlihat nyaman, tetapi disisi lain penumpang tersebut sudah memposisikan dirinya dalam bahaya,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/8/2024).

Baca juga: Kesalahan Pengguna Mobil Matik yang Bisa Merusak Transmisi

Sony melanjutkan, jika terjadi kecelakaan penumpang tersebut bisa mendapat dampak dua kali lipat, yakni benturan dan airbag. Sehingga cedera yang didapat bisa lebih fatal.

Airbag tersebut bisa juga mengembang seketika sekalipun tanpa benturan. Dan jika mengembang kecepatan kurang lebih 200 Kpj atau 0.2 detik, seketika karena diaktifkan oleh gas nitrogen. Itu mengapa butuh jarak aman antara airbag tersebut dengan posisi duduk, karena apapun yang ada didekatnya akan mampu dirontokkan,” kata Sony.

Jika pengemudi atau penumpang merasa letih, sebaiknya segera menepi di tempat aman untuk melakukan stretching.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau