Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Wuling Air EV Cocok untuk Jadi Mobil Listrik Pertama

Kompas.com - 21/08/2024, 09:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air EV merupakan mobil listrik yang cukup populer di Indonesia, dengan torehan penjualan mencapai 1.253 unit sepanjang 2024. Model ini cocok dijadikan mobil listrik pertama karena memiliki beberapa faktor.

Faktor utama, yaitu dari sisi harga jual, perawatan, hingga kemudahan mengecas di rumah serta garansi yang ditawarkan.

Mobil listrik ini dibanderol mulai Rp 190 juta untuk tipe Lite, Rp 224 juta Standar, dan Rp 275 juta yang Long Range, on the road Jakarta setelah insentif PPN.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik Agustus 2024, Wuling BinguoEV Tembus Rp 75 Juta


Selain itu berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, total biaya perawatan yang perlu dilakukan untuk mobil listrik Wuling Air ev hingga 100.000 km atau selama lima tahun mencapai hanya Rp 3.237.000.

Sehingga, konsumen perlu menyisihkan dana per tahun sebesar Rp 647.400. Artinya, per bulan harus menyiapkan Rp 53.950 saja.

Secara teknis, Air EV memiliki drive motor 30 kW yang mumpuni serta memiliki fitur keselamatan yang lengkap seperti 2 airbags, ABS & EBD, sensor parkir, engine immobilizer dan lainnya.

Baca juga: Seberapa Mewah Wuling Cloud EV?

 

Modifikasi Wuling Air evKompas.com/Nanda Modifikasi Wuling Air ev

Air EV memiliki kapasitas tempat duduk hingga 4 orang. Meski terlihat mungil, mobil ini memiliki ruang kabin cukup lega.

Selain itu juga dapat terhubung dengan ponsel yakni dengan adanya fitur Internet of Vehicle (IoV) via MyWuling+. Jangkauan berkendara Air EV antara 200 Km hingga 300 Km dengan 2 pilihan kapasitas baterai 17,3 kWh dan 26,7 kWh.

Bukan hanya itu saja, tapi Air EV juga dirancang khusus untuk dicas dengan mudah di rumah. Wuling membuatnya dengan konsep Easy Home Charging.

Baca juga: Modifikasi Wuling Cloud EV Jadi Mobil Drifting

Wuling menugaskan sebanyak 100 unit Air ev untuk mendukung perjalanan para delegasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.Wuling Motors Wuling menugaskan sebanyak 100 unit Air ev untuk mendukung perjalanan para delegasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, untuk pengecasan di rumah, dengan voltase normal di rumah 220 V, itu bisa digunakan untuk charge mobil listrik ini.

"Minimum 2.200 W khusus untuk mengisi daya Air ev saja, bisa dinaikkan atau menambah meteran baru yang terpisah," kata Danang, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu penawaran yang diberikan Wuling, yaitu lifetime warranty alias garansi seumur hidup untuk perawatan, pembenahan, serta penggantian komponen.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Wuling Binguo EV, Ini Pentingnya Bumper Belakang pada Truk

Bodykit Wuling Air ev garapan Tomi AirbrushKompas.com/Nanda Bodykit Wuling Air ev garapan Tomi Airbrush

Garansi seumur hidup ini meliputi 3 komponen utama pada mobil listrik, yakni drive motor, controller unit, serta power battery.

Tak kalah penting, Wuling juga didukung 150 diler yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga dapat lebih dekat dalam melayani konsumen. Jaringan tersebut pun siap melayani konsumen kendaraan listrik Wuling baik dari sisi penjualan maupun purna jual.

Dengan beragam keunggulan tersebut, maka Wuling Air ev menjadi Official Car Partner KTT G20 Bali, KTT ASEAN Labuan Bajo, KTT ASEAN Jakarta, AIS Forum 2024 Bali, WWF 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau