Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Rossi Usai Pensiun dari MotoGP, Lebih Banyak Kerja di Kantor

Kompas.com - 12/08/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai pensiun dari MotoGP pada akhir 2021, Valentino Rossi beralih ke balapan mobil. Namun, menurut Rossi, hidupnya berubah dibandingkan saat masih balapan di kelas premier.

“Saat saya berhenti di MotoGP, (mentalitas) sedikit berubah,” kata Rossi dilansir dari Crash, Senin (12/8/2024).

Baca juga: Empat Bus Baru Bintang Zahira, Sleeper Nyaman Garapan New Armada

“Tekanan Anda berkurang, dan Anda mulai memahami beberapa hal dengan cara yang berbeda dibandingkan saat Anda menjadi seorang pebalap (motor),” ungkapnya.

Lewis Hamilton dan Valentino Rossi bertukar kendaraanDok. Monster Energy Lewis Hamilton dan Valentino Rossi bertukar kendaraan

Usai pensiun dari balapan motor, Rossi tidak bisa lepas dari motorsport. Dia kemudian beralih membalap di kejuaraan mobil GT World Challenge Europe series menggunakan BMW GT3 driver.

“Karena ketika Anda menjadi seorang pebalap, Anda selalu sangat berkonsentrasi pada semacam ‘gelembung’, dan sisanya Anda kurang memahaminya karena Anda selalu sangat fokus pada balapan,” ujarnya.

“Hidup selalu untuk itu. Pasti ada hal lain yang harus Anda lakukan, (tetapi) Anda selalu ada di sana, Anda selalu berada di dalam mesin untuk mencoba memahami cara melaju lebih cepat dan segalanya,” katanya.

Baca juga: Yamaha Nmax Turbo Meluncur, Begini Komentar AHM

Juara dunia sembilan kali itu mengatakan saat ini dia lebih banyak ke kantor. Meski kini hidupnya lebih santai, dia dihadapkan banyak urusan pekerjaan.

Sean Gelael (kiri) bersama Valentino Rossi (kanan) ketika naik podium balapan 24 Hours of Dubai 2023, Minggu (15/1/2023). Sean Gelael dan Rossi finis di urutan ketiga 24H Dubai 2023 bersama tiga pebalap tim WRT #46 lainnya, yakni Maxime Martin (Belgia), Max Hesse (Jerman), dan Tim Whale (Inggris).DOK. JAGONYA AYAM Sean Gelael (kiri) bersama Valentino Rossi (kanan) ketika naik podium balapan 24 Hours of Dubai 2023, Minggu (15/1/2023). Sean Gelael dan Rossi finis di urutan ketiga 24H Dubai 2023 bersama tiga pebalap tim WRT #46 lainnya, yakni Maxime Martin (Belgia), Max Hesse (Jerman), dan Tim Whale (Inggris).

Baca juga: Spesifikasi Honda All New BeAT Street, Mesin Sama tapi Lebih Ringan

Selain itu, dia kini sudah punya anak dan sedang asyik menjalankan perannya sebagai seorang ayah.

“Sekarang, saya lebih santai. Tapi selain itu, (kehidupan) tidak banyak berubah, ada banyak hal yang harus saya lakukan, karena kami bekerja sangat keras untuk tim dan juga dengan akademi,” kata Rossi.

“Saya bekerja, saya bekerja lebih banyak. Ketika saya menjadi seorang pebalap, saya lebih sedikit kerja. Sekarang ada banyak waktu di kantor, dan banyak hal yang harus dilakukan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau