Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Fuso Canter FE 84 G yang Jadi VAR Car Liga Indonesia

Kompas.com - 11/08/2024, 16:14 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggunakan VAR untuk semua pertandingan di musim 2024. Uniknya, VAR yang digunakan berjalan ke setiap stadiun, karena modelnya VAR Car, dibangun di atas rangka truk Mitsubishi Fuso.

Lebih detail, Fuso yang digunakan adalah Canter FE 84 G, dipilih karena kabinnya yang lebih lebar. Jadi buat karoseri di belakang bisa menyesuaikan ukurannya, lebih proporsional.

Buat mesin, Canter FE 84 G memiliki kapasitas 3.907cc diesel dengan common rail. Tenaga yang dihasilkan 136 PS atau sekitar 134 TK dan torsi 421 Nm, kebetulan unit yang digunakan adalah 4x2, penggerak belakang.

Baca juga: Lihat Langsung Fuso VAR Car, Dipakai Saat Laga Persib

Fuso FE 84 G yang jadi VAR Car buat di Liga Satu IndonesiaKOMPAS.com/FATHAN Fuso FE 84 G yang jadi VAR Car buat di Liga Satu Indonesia

Kemudian buat karoserinya, dijadikan ruang VAR yang dibuat oleh Metalindo Teknik Utama (MTU). Bagian dalamnya terdiri dari dua ruangan, satu buat VAR kit beserta layarnya dan satu lagi khusus server.

Ruangannya dipasang AC, bahkan khusus ruang server, ada dua AC dan satu di tempat VAR. Rangka truk yang besar membuat karoseri leluasa membuat ruangan VAR yang lega, jadi buat wasit yang bertugas terasa tetap leluasa.

Baca juga: Dampak Buruk Ban Mobil Sering Menempel di Trotoar Saat Parkir


Ruang server bisa jadi tempat yang paling penting, semua kamera yang ada di lapangan disambung ke VAR Car. Jadi apa yang terekam selama pertandingan, semuanya bisa diawasi oleh wasit VAR.

PT LIB memiliki 12 unit VAR Car yang disebar di seluruh Indonesia. Setiap pekan pertandingan, VAR Car akan hadir dan bertugas, mengingat beberapa stadion belum bisa membangun ruang VAR sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau