Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ragam Jenis Kaca Film Mobil

Kompas.com - 29/07/2024, 09:02 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film mobil telah menjadi salah satu aksesori penting bagi banyak pemilik kendaraan. Selain memberikan perlindungan dari sinar UV dan panas matahari, kaca film juga meningkatkan privasi dan penampilan kendaraan.

Ada berbagai jenis kaca film yang bisa dipilih oleh pemilik mobil, seperti metalized, dyed, hybrid, dan ceramic.

Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan karakteristik yang berbeda sehingga konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Baca juga: Daihatsu Raih Penghargaan Booth Terfavorit di GIIAS 2024

Monita Cherline, Promotion & Advertising Manager V-Kool Indo Lestari, menjelaskan, bahwa setiap jenis kaca film memiliki fungsi dan manfaat tersendiri.

"Kaca film metalized, misalnya, sangat baik dalam menolak panas karena partikel logam yang terdapat di dalamnya. Sementara itu, kaca film dyed lebih fokus pada penyerapan panas dan menawarkan opsi warna yang lebih variatif," kata Monita kepada Kompas.com, Minggu (28/8/2024).

Ragam pilihan kaca film dan PPF yang ditawarkan di GIIAS 2024Kompas.com/Donny Ragam pilihan kaca film dan PPF yang ditawarkan di GIIAS 2024

Terkait popularitas, Noni, seorang penjual kaca film Coolplus, menambahkan bahwa hybrid dan ceramic saat ini merupakan jenis yang banyak diminta oleh konsumen.

"Kaca film hybrid itu kan gabungan dari metalized dan dyed sehingga memberikan keseimbangan antara penolakan panas sama tampilan visual. Kalau kaca film ceramic, biarpun lebih mahal, tapi memang terbaik soal menolak panas dan sinar UV tanpa mengganggu sinyal elektronik," jelas Noni.

Baca juga: GWM Indonesia Tawarkan Aksesori Mode Off-Road untuk GWM Tank

Dengan pilihan yang beragam ini, penting bagi konsumen untuk memahami kebutuhan mereka sebelum memutuskan jenis kaca film yang akan dipasang di mobil mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau