Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sebut Konsumen Fortuner Tidak Butuh Sunroof

Kompas.com - 07/09/2024, 16:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Fortuner pada Jumat (6/9/2024). Sport utility vehicle (SUV) ladder frame ini mendapat sejumlah penyegaran, baik dari sisi eksterior, interior, maupun fitur.

Pada bagian eksterior tampilan grill berubah menjadi lebih minimalis namun tetap terlihat modern dan gagah, persis seperti Fortuner Legender yang sebelumnya sudah meluncur di Thailand. Desainnya kekar dengan pemakaian pelek baru serta ground clearance yang cukup tinggi.

Baca juga: Daya Tarik Bus PO Juragan 99 Trans, Cocok Buat Introvert

Namun, ada satu hal yang menarik perhatian, di mana New Fortuner belum dibekali dengan sunroof maupun panoramic sunroof. Padahal, kompetitor di kelasnya seperti Mitsubishi Pajero Sport sudah memiliki fitur tersebut.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pembaruan pada New Fortuner disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, di mana kehadiran sunroof bukan menjadi prioritas utama.

Merawat Sunroof Merawat Sunroof

“Ini melihat desain mobil Toyota dan juga prioritas dari improvement konsumen meminta tiga hal. Pertama dari sisi desain disegarkan, kedua fitur-fitur seperti Toyota Safety Sense, kemudian tenaga mesin cukup tambah 4x4,” ucap Anton, saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2024).

Atas pertimbangan tersebut, pihaknya memutuskan untuk tidak menyematkan sunroof di New Fortuner. Tentu saja hal ini sekaligus menjadi strategi dari Toyota dalam menghadirkan produk baru.

Baca juga: Cara Hemat Bahan Bakar Mobil Pake Fitur yang Tersedia

“Kita harus menimbang total value dan juga strategi dari lineup kita. Jadi kalau kita tanya konsumen, tiga ini yang jadi prioritas. Bukannya kita mau atau tidak mau (pasang sunroof), tapi mana yang prioritas,” kata Anton.

New Fortuner anyar dibanderol mulai Rp 614.000.000 untuk tipe 2.7 SRZ, hingga Rp 761.700.000 untuk tipe tertinggi yakni 2.8 GR-S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau