Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Martin Menang, Bagnaia Kedua

Kompas.com - 07/09/2024, 20:30 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia yang memulai balapan dari pole position pada MotoGP San Marino 2024 di Sirkuit Misano mampu melakukan start yang bagus. Dia pun langsung memimpin jalannya balapan.

Sayangnya, Jorge Martin juga tampil sangat baik. Martin berhasil menyalip Bagnaia pada tikungan pertama lap pembuka. Marco Bezzecchi yang start dari posisi ketiga tidak beruntung dan merosot ke posisi kedelapan, tepat di depan Marc Marquez.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2024, Bagnaia Pole Position

Memasuki lap kedua, Martin masih memimpin di depan Bagnaia. Sedangkan posisi ketiga, ditempati oleh Franco Morbidelli, lalu diikuti Brad Binder di posisi keempat.

Francesco BagnaiaInstagram @pecco63 Francesco Bagnaia

Enea Bastianini berhasil memperbaiki posisi dan bertahan di posisi kelima pada lap kedua. Sedangkan di belakangnya, terdapat pebalap rookie, Pedro Acosta di posisi keenam dan Jack Miller di posisi ketujuh.

Masih di lap kedua, Martin mulai membuka jarak dengan barisan di belakangnya. Tapi, Bagnaia berhasil bertahan dengan jarak yang konsisten. Sementara ini, selisih jarak antara Martin dan Bagnaia terpaut 0,3 detik.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2024, Sprint Race Malam Ini

Pada lap ketiga, jaraknya sudah bertambah menjadi 0,4 detik. Sementara itu, terjadi perubahan posisi di belakang. Marc berhasil menyalip Bezzecchi untuk posisi kedelapan.

Franco MorbidelliTwitter.com/pramacracing Franco Morbidelli

Pada lap berikutnya, Bagnaia kembali memangkas jarak menjadi 0,3 detik dengan Martin. FIM Stewards memberikan peringatan pada Martin dan Morbidelli yang keluar dari trek. Pelanggaran berikutnya maka kedua pebalap tersebut diharuskan mengambil long lap penalty.

Masuk lap kelima, Bezzecchi terjatuh hingga tidak bisa meneruskan balapan. Namun, dia terlihat baik-baik saja dan tidak mengalami cedera serius.

Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Masih di lap yang sama, terjadi salip menyalip antara Binder dengan Acosta. Terlihat Acosta berusaha keras untuk mempertahankan posisinya. Sementara itu, Marc mulai mengincar posisi ketujuh dari Miller.

Kembali ke barisan terdepan, jarak antara Martin dengan Bagnaia masih konsisten di lap ketujuh. Namun, jarak Bagnaia dengan Morbidelli di posisi ketiga sudah terpaut hingga 1,4 detik. 

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Austria 2024

Pada lap yang sama, Miller melakukan kesalahan dengan melebar saat menikung. Momen ini dimanfaatkan dengan baik oleh Marc untuk merebut posisi ketujuh.

Memasuki lap kedelapan, Bagnaia masih menempel ketat di belakang Martin. Belum terlihat ada pergerakan dari Bagnaia untuk melakukan manuver menyalip Martin. Keduanya memiliki performa yang seimbang.

Sementara itu, Marc masih terus berusaha memperbaiki posisi. Pada lap kedelapan, dia mulai mengincar posisi keenam dari Binder.

Pada lap kesembilan, FIM Stewards kembali mengeluarkan pengumuman yang berisi peringatan untuk Bagnaia yang keluar dari batas trek. Masih di lap yang sama, Marc akhirnya berhasil melewati Binder dan tidak ada perlawanan juga darinya.

Memasuki lap kesepuluh, Bastianini terlihat semakin dekat jaraknya dengan Morbidelli. Keduanya hanya berselisih 0,5 detik. Sementara jarak Martin dengan Bagnaia mulai terbuka, yakni 0,6 detik.

Pada lap kesebelas, Marc terlihat sudah berada 0,5 detik di belakang Acosta. Tak sedikit penggemar MotoGP yang penasaran melihat persaingan antara Acosta dengan Marc.

Lap keduabelas, Bastianini sudah 0,2 detik di belakang Morbidelli. Saat memasuki lap terakhir, jarak antara keduanya masih sama. Begitu pula dengan jarak antara Martin dan Bagnaia. Maka, dapat dipastikan Martin yang memenangi sprint race MotoGP San Marino 2024.

Martin pun kembali memperkuat posisinya di puncak klasemen sementara MotoGP 2024. Dia menambah selisih poin dari Bagnaia dengan kemenangan kali ini.

Hasil Sprint Race MotoGP San Marino 2024
1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
2 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
3 Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
4 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
5 Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
6 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
7 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
8 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
9 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
10 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
11 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
12 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
13 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
14 Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
15 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16)
16 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
17 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
18 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
19 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
20 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
21 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
22 Stefan Bradl GER HRC Test Team (RC213V)
23 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau