Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Porsche Taycan yang Jadi Safety Car Formula E 2023

Kompas.com - 03/06/2023, 15:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam setiap ajang balap umumnya memiliki safety car yang bertugas untuk menetralisir jalannya kompetisi jika ada keadaan darurat seperti kecelakaan, cuaca hujan dan sebagainya.

Tak terkecuali gelaran Formula E yang menggunakan mobil listrik sebagai safety car. Mobil listrik yang digunakan adalah Porsche Taycan Turbo S, yang memulai debutnya pada seri pembuka di Diriyah, Arab Saudi, akhir Januari 2022.

Dikutip dari Fiaformulae.com, Sabtu (3/6/2023), mobil listrik pertama buatan Porsche ini diklaim memiliki kemampuan berkendara dan keamanan yang sangat baik.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Jateng 2023 Masih Berlaku

Taycan Turbo S dengan performa tinggi memiliki tenaga hingga 560 kW atau setara 761 tk dan torsi maksimal mencapai 940 Nm. Tenaga dan torsi tersebut akan dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua percepatan.

Safety car formula eKompas.com/Nanda Safety car formula e

Dengan fitur launch control, tipe tertinggi dari Taycan ini mampu mengeluarkan torsi hingga 1.050 Nm dan berakselerasi 0-100 kilometer per jam dalam 2,8 detik. Top speed mobil ini juga diklaim dapat tembus 260 kilometer per jam.

Taycan Turbo S yang digunakan sudah dimodifikasi untuk kebutuhan Safety Car, seperti penggunaan roll cage, jok balap dengan sabuk pengaman enam titik, serta sistem penerangan dan Marelli Logger System.

Baca juga: Mobil Formula E Gen 3 Jauh Lebih Kencang, Tim Nissan Sulit Adaptasi

Adapun untuk livery menggunakan kelir berwarna putih lengkap dengan stiker berwarna dominan biru dan garis berwarna merah, oranye, juga hitam.

Porsche Taycan Turbo S juga dipasarkan oleh PT Eurokars Artha Utama, agen pemegang merek Porsche di Indonesia, dengan banderol tembus Rp 6 miliar lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com