Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Porsche Taycan yang Jadi Safety Car Formula E 2023

Kompas.com - 03/06/2023, 15:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam setiap ajang balap umumnya memiliki safety car yang bertugas untuk menetralisir jalannya kompetisi jika ada keadaan darurat seperti kecelakaan, cuaca hujan dan sebagainya.

Tak terkecuali gelaran Formula E yang menggunakan mobil listrik sebagai safety car. Mobil listrik yang digunakan adalah Porsche Taycan Turbo S, yang memulai debutnya pada seri pembuka di Diriyah, Arab Saudi, akhir Januari 2022.

Dikutip dari Fiaformulae.com, Sabtu (3/6/2023), mobil listrik pertama buatan Porsche ini diklaim memiliki kemampuan berkendara dan keamanan yang sangat baik.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan di Jateng 2023 Masih Berlaku

Taycan Turbo S dengan performa tinggi memiliki tenaga hingga 560 kW atau setara 761 tk dan torsi maksimal mencapai 940 Nm. Tenaga dan torsi tersebut akan dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua percepatan.

Safety car formula eKompas.com/Nanda Safety car formula e

Dengan fitur launch control, tipe tertinggi dari Taycan ini mampu mengeluarkan torsi hingga 1.050 Nm dan berakselerasi 0-100 kilometer per jam dalam 2,8 detik. Top speed mobil ini juga diklaim dapat tembus 260 kilometer per jam.

Taycan Turbo S yang digunakan sudah dimodifikasi untuk kebutuhan Safety Car, seperti penggunaan roll cage, jok balap dengan sabuk pengaman enam titik, serta sistem penerangan dan Marelli Logger System.

Baca juga: Mobil Formula E Gen 3 Jauh Lebih Kencang, Tim Nissan Sulit Adaptasi

Adapun untuk livery menggunakan kelir berwarna putih lengkap dengan stiker berwarna dominan biru dan garis berwarna merah, oranye, juga hitam.

Porsche Taycan Turbo S juga dipasarkan oleh PT Eurokars Artha Utama, agen pemegang merek Porsche di Indonesia, dengan banderol tembus Rp 6 miliar lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com