Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin CVT NMAX Gen 2 Lebih Enak, Pakai Part NMAX Lama

Kompas.com - 28/06/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Generasi kedua Yamaha NMAX atau sebelum NMAX Turbo, punya komponen CVT yang berbeda dari NMAX generasi pertama. Ketika di bengkel, banyak pemilik NMAX gen 2 yang modifikasi dengan ganti part dari NMAX lama.

Menurut Yudhi, pemilik Yud33 Motor di Bogor, kebanyakan konsumen yang pakai NMAX generasi kedua saat mau modifikasi CVT, cukup pakai suku cadang dari model pertama.

"Orang mau ubahan NMAX baru, pakainya sparepart NMAX lama. Jatuhnya motor lebih enak, CVT-nya lebih bagus yang lama dari yang baru," kata Yudhi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Apa yang Terjadi Saat Fitur YECVT Nmax Turbo Rusak?

Yamaha NMAX mendapat penyegaran dengan warna baru, yakni matte red.Istimewa Yamaha NMAX mendapat penyegaran dengan warna baru, yakni matte red.

Komponen CVT dari NMAX lama yang Yudhi maksud seperti rumah roller yang kipasnya lebih besar. Alhasil, van belt yang diputar gerakannya bisa lebih tinggi, pengaruh ke tarikan motor.

"Kampas ganda juga lebih lebar yang lama dari yang baru. Jatuhnya motor lebih enak. Banyak yang sebut lebih enak NMAX lama dari yang baru, padahal mesin sama," kata Yudhi.

Baca juga: Bahaya Berkendara dengan Muatan Berlebih


Buat masalah di CVT, kata Yudhi tidak banyak ditemukan pada NMAX. Paling masalahnya ada di mesin yang punya basis sama dengan Aerox, artinya bisa muncul kode 12 atau malfungsi di bagian Crankshaft Position Sensor (CPS).

"Connected-nya juga suka eror, menghabiskan aki dan banyak dicabut," kata Yudhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com