Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telisik Keuntungan Rental Mobil Online

Kompas.com - 28/06/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Rental mobil merupakan salah pilihan jika ingin menggunakan kendaraan untuk jangka waktu tertentu. Sebab konsumen tidak perlu punya mobil pribadi tapi bisa menyewa.

Saat ini setidaknya ada dua sistem rental mobil, pertama yaitu rental mobil konvensional dan kedua rental mobil online.

Baca juga: Apa yang Terjadi Saat Fitur YECVT Nmax Turbo Rusak?

Salah satu rental mobil online yaitu Investaxi. Prinsipnya kurang lebih sama seperti rental mobil biasa, bedanya konsumen Investaxi saat ini baru dapat menyewa via apllikasi Tiket.com.

Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona. dokumentasi pribadi Penurunan omzet dialami oleh salah satu pengusaha rental mobil yang berlokasi di Kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, selama dua bulan terkahir. Hal tersebut dirasakan semenjak adanya wabah Corona.

"Prosesnya konsumen pilih kendaraan terlebih duhulu kemudian waktu dan tanggal dan lakukan pembayaran di Tiket.com," kata Vincentius Septian Renold, CEO PT Investaxi Asset Management, kepada Kompas.com.

"Setelah lakukan pembayaran tim Investaxi akan menghubungi calon konsumen. Setelah itu konsumen kirimkan data yang diperlukan. Setelah itu kami akan verifikasi kurang lebih satu jam, disetujui atau tidak," katanya.

Vincent mengatakan, keuntungan rental mobil online saat ini ialah proses verifikasi yang mudah. Namun, data yang diberikan harus valid jika tidak maka tidak lolos verifikasi.

Baca juga: Ajang Trial Game Dirt 2024 Siap Digelar, Cek Jadwalnya

"Keuntungan buat konsumen kalau di rental mobil online itu sebetulnya verifikasi data cuma sekali saja, dan cuma foto saja," kata Vincent.

Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun BaruStanly/Otomania Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun Baru

"Sedangkan di (rental) konvensional ada yang harus menyerahkan bukti fisik seperti KTP atau KK (Kartu Keluarga) istilahnya dititipkan. Kalau online hanya perlu verifikasi sekali dan kemudian tidak perlu lagi," ujarnya.

Baca juga: Nasib Aleix Espargaro Usai Umumkan Pensiun dari MotoGP

Mengenai fasilitas dan harga, Vincent mengatakan pada dasarnya baik rental konvensional dan online bersaing. Sebab tiap perusahaan rental punya cara sendiri untuk menarik minat calon konsumen.

"Kalau harga dan fasilitas sejauh ini malah lebih menguntungkan rental online, contoh saat ini Investaxi memberikan fasilitas tanpa deposit, jika rental lain pakai deposit kami tidak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com