Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Sering Mengecas HP di Power Outlet Mobil Bikin Aki Soak?

Kompas.com - 20/05/2024, 15:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi, saat ini di mobil modern sudah disematkan power outlet untuk mengecas smartphone atau gawai.

Namun, sebagian orang beranggapan bila  sering menggunakan fitur tersebut bisa bikin aki cepat soak?

Hampir semua pabrikan mobil saat ini menyematkan power outlet. Bahkan, tidak hanya satu, tapi ada juga yang memiliki tiga hingga empat outlet.

Baca juga: 10 Cara Mudah Cek Saldo e-Toll Lewat HP

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan mengatakan, dalam kondisi mesin mobil menyala dan tidak ada kerusakan di sistem kelistrikan, beban, dan lain-lain, maka tidak akan membuat aki cepat soak.

Power outlet mobil untuk mengecas gawaiKompas.com/Donny Power outlet mobil untuk mengecas gawai

"Sebab, tentunya sudah dihitung beban kelistrikan yang ada di kendaraan. Sebagai sistem pengaman juga apabila ada kondisi abnormal seperti kelebihan beban dan lainnya, maka fuse (sekring) akan putus," ujar Nurrahman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Nurrahman menambahkan, saat kondisi mesin mobil mati, maka bisa berpengaruh ke aki mobil. Sebab, ada arus listrik yang digunakan dari aki.

Baca juga: Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat HP

Android Auto di mobil Hyundai Sonata 2015Hyundai Motors Android Auto di mobil Hyundai Sonata 2015

"Seperti halnya lampu kabin, ketika lupa mematikan maka biasanya untuk kondisi aki yang sudah jelek saat menyalakan mesin sudah tidak kuat untuk start. Sebab, mesin tidak menyala dan alternator tidak mengisi aki," kata Nurrahman.

"Karena posisi aki tidak diisi. Apalagi, penggunaan casan HP-nya lama dan menggunakan power outlet yang banyak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com