Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Aki Soak, Ingat Honda Vario Tidak Punya Starter Engkol

Kompas.com - 08/12/2023, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Honda Vario keluaran baru tidak lagi dibekali engkol atau kick starter sehingga konsumen wajib memperhatikan kondisi aki.

Jika sampai terjadi aki drop di perjalanan, maka motor tanpa engkol tidak akan bisa dihidupkan, terkhusus skutik.

Kendati demikian, engkol memang jarang digunakan pasalnya hanya dibutuhkan pada kondisi tertentu saja. Mungkin itu menjadi alasan pabrikan membuangnya pada line up terbaru mereka.

Baca juga: Cara Riset Tulisan “Oil Change” di Speedometer Honda Vario Setelah Ganti Oli

Komponen CVT pada Honda Vario 150KOMPAS.com/daafa Komponen CVT pada Honda Vario 150

Gio, Pemilik Giovani Motor mengatakan skutik keluaran baru seperti Honda Vario 125. Vario 150 dan Vario 160 tidak lagi dibekali engkol sehingga yang wajib diperhatikan adalah kondisi aki.

“Sebisa mungkin sebelum tekor konsumen sudah mengetahui gejalanya, itu sebabnya skutik terbaru ini dibekali indikator aki dan informasi voltase aki secara langsung,” ucap Gio kepada Kompas.com, Kamis (7/12/2023).

Gio mengatakan konsumen bisa melihat angka yang ada di speedometer atau layar informasi dalam dua kondisi yakni mesin mati dan stasioner.

Baca juga: Agar Tidak Lupa Ganti Oli, Pemilik Honda Vario Bisa Manfaatkan Fitur Oli Change

Honda Vario 125 cuma dapat potongan tenor sampai tiga kali kalau membeli motornya di IIMS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Honda Vario 125 cuma dapat potongan tenor sampai tiga kali kalau membeli motornya di IIMS 2023

“Untuk mengetahui voltase aki, konsumen perhatikan saat mesin mati, ketika posisi kontak ON maka tegangan aki wajib di atas angka 11,5 volt, jika dibawah itu artinya sudah mulai jelek,” ucap Gio.

Gio mengatakan standarnya, aki normal memiliki tegangan sekitar 12 volt sampai 12,6 volt saat mesin mati atau tidak terjadi pengisian.

“Selain akinya, sistem pengisian juga penting diperhatikan, saat mesin hidup seharusnya tegangannya naik di sekitar angka 14 volt, ,artinya telah terjadi pengisian, jika dibawah itu perlu diperiksa,” ucap Gio.

Baca juga: Mau Beli Honda Vario 125 Seken Tahun Muda, Cek Komponen Berikut

Indikator berwarna merah yang menyala di spidometer, tanda aki motor bermasalahKompas.com/Daafa Alhaqqy Indikator berwarna merah yang menyala di spidometer, tanda aki motor bermasalah

Berhubung Vario terbaru tidak dibekali engkol, Gio menyarankan bila voltase aki sudah mulai turun sebaiknya segera diganti tanpa harus menunggu motor mogok atau tidak kuat starter. Terlebih lagi idikator aki selalu menyala merah, itu bisa menjadi tanda cukup jelas bahwa aki wajib ganti.

“Karena tidak dibekali engkol, konsumen tidak bisa menunda-nunda waktunya ganti aki, sekali performa turun ya wajib diganti, jika tidak maka ada peluang terjadi mogok di jalan, itu akan lebih menyusahkan karena tidak ada cara untuk membuatnya hidup selain ganti aki,” ucap Gio.

Nah, bagi Anda pengguna motor Vario atau skutik tanpa engkol wajib memahami kesehatan aki agar selama perjalanan tidak terjadi kendala di luar dugaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com