Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roof Rail Hyundai Stargazer X Cuma Pemanis, Tak Bisa buat Dudukan

Kompas.com - 31/08/2023, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Hadir di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV), Hyundai Stargazer X memiliki beberapa perbedaan dengan Stargazer berjenis MPV. Salah satunya terletak di bagian atap dengan adanya roof rail.

Sayangnya, roof rail pada Stargazer X hanya pemanis alias kosmetik. Sebab, roof rail tidak bisa dijadikan pegangan untuk cross bar sebagai dudukan untuk roof box yang dipasang di bagian atap mobil.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Tune Up dan Servis Rutin di Bengkel Mobil

Pada bagian samping roof rail tertulis jelas “Do Not Apply Load” atau “Jangan Memberikan Beban”.

Pada bagian samping roof rail Hyundai Stargazer X tertulis jelas ?Do Not Apply Load? atau ?Jangan Memberikan Beban?.Foto: Rizen Panji Pada bagian samping roof rail Hyundai Stargazer X tertulis jelas ?Do Not Apply Load? atau ?Jangan Memberikan Beban?.

Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motor Indonesia, mengatakan bahwa roof rail pada Stargazer X memang hanya berfungsi sebagai aksesori alias pemanis.

“Terkait dengan roof rail yang ada di Stargazer X memang benar di situ tertulis ‘Do Not Apply Load’,” kata Bonar di sela test drive Hyundai Stargazer X di Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).

“Dalam artian itu memang hanya sebuah garnish untuk mempercantik atau memperindah bentuk overall secara keseluruhan. Jadi memang tidak dirancang untuk menerima beban,” kata Bonar.

Baca juga: Spesifikasi Exotic Sterrato, Motor Listrik Termurah Harga Rp 5 Jutaan

Bonar mengatakan, konsumen yang berniat membawa barang di atap sebaiknya mencopot roof rail bawaan pabrik dan menggantinya dengan keluaran aftermarket.

Hyundai menyematkan warna doff alias matte di Hyundai Stargazer X. Selain lebih modern, warna matte memang sedang populer dan banyak dipakai merek otomotif untuk menarik konsumen.KOMPAS.com/Gilang Hyundai menyematkan warna doff alias matte di Hyundai Stargazer X. Selain lebih modern, warna matte memang sedang populer dan banyak dipakai merek otomotif untuk menarik konsumen.

“Jadi kalau mau dipasang semacam roof rail atau semacam roof rack khusus itu harus dicopot terlebih dahulu,” kata Bonar.

Bonar mengatakan, ke depan tidak menutup kemungkinan ke Hyundai akan melakukan penyempurnaan agar roof rail tersebut bisa digunakan.

"Nah, apakah nanti kemudian bisa dilakukan sesuatu agar bisa menerima beban itu izinkan saya untuk kembalikan ke Anda,” kata Bonar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com