Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citroen Belum Mau Bermain di Segmen Hybrid

Kompas.com - 25/04/2024, 12:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, sejumlah produsen otomotif menyajikan pilihan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari berteknologi hibrida hingga battery electric vehicle (BEV).

Saat ini sejumlah pabrikan roda empat juga sudah menawarkan mobil dengan teknologi hibrida, sebut saja Toyota dengan Innova Zenix dan Yaris Cross, Suzuki dengan Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid dan Grand Vitara Hybrid, serta Honda melalui CR-V Hybrid.

Namun, berbeda dengan Citroen Indonesia yang belum memiliki line up mobil hibrida.

Baca juga: ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer Citroen Indonesia, mengatakan, di global Citroen memang sudah memiliki line up hibrida. Namun, untuk pasar Tanah Air pihaknya mengaku belum berniat memasarkan produk di segmen hybrid.

“Sebenarnya di Stellantis apalagi Citroen ini punya produk Internal Combustion Engine (ICE) listrik, dan hybrid. Tahun lalu kami sempat melakukan tes di Perancis, dan kita juga sempat rasain hybrid,” kata Tan Kim Piauw, di Pantai Indah Kapuk, Tangerang, Banten, Selasa (23/4/2024).

Citroen E-C3Kompas.com/Nanda Citroen E-C3

“Secara produk Citroen memiliki, tapi untuk pasar Indonesia kami hari ini masih bicara adalah ICE dan Battery Electric Vehicle (BEV). Jadi berkembang ke hybrid saat ini belum sejauh itu,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Citroen saat ini berkomitmen untuk membuka fasilitas perakitan mobil listrik di Indonesia. Tepatnya di fasilitas milik Indomobil Group yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Produk pertama yang akan diproduksi di Indonesia adalah mobil listrik E-C3.

Baca juga: Motor Listrik Baru Polytron Segera Meluncur, Bukan T-Rex Namanya

Adapun untuk perakitan dalam negeri itu akan dimulai pada pertengahan 2024, nantinya seluruh mobil yang dijual oleh Citroen akan berstatus (Completely Knocked Down) CKD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com