Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Macet Arus Balik Hari Ini, Atur Lagi Perjalanan Anda

Kompas.com - 15/04/2024, 08:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division menyampaikan sekitar 40 persen pemudik atau lebih dari 100.000 kendaraan diprediksi akan kembali ke Jabodetabek melalui Gerbang Tol Kalihurip Utama hari ini, Senin (15/4/2024).

"Jasa Marga memprediksi masih ada 40 persen pemudik yang akan kembali menuju Jabodetabek melalui GT Kalihurip Utama pada H+3 sampai H+4 Idul Fitri 1445 H," kata Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Widiyatmiko Nursejati dalam keterangannya, Minggu (14/4/2024).

Sehubungan dengan itu, perusahaan bersama kepolisian akan melakukan berbagai uapya rekayasa lalu lintas guna mengurai kepadatan, seperti buka tutup akses rest area jika dibutuhkan hingga mengoptimalkan gardu transaksi.

Baca juga: Jangan Lupa Cek Saldo E-Toll Sebelum Balik, Begini Caranya

Pengerjaan jalan di Tol PadaleunyiJASA MARGA Pengerjaan jalan di Tol Padaleunyi

Kemudian Jasamarga juga akan menambahkan Mobile Reader, kanalisasi di Simpang Susun Pasteur untuk memisahkan lalu lintas dari arah GT Pasteur dan GT Cileunyi menuju Jakarta, serta mengoperasikan fungsional Akses Masuk Ruas Tol Japek Selatan sampai Kutanegara sesuai diskresi kepolisian.

"Jasa Marga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya menjamin kenyamanan pengguna jalan selama arus balik di wilayah Jawa Barat," ucapnya.

Perseroan juga mengimbau pemudik untuk dapat mengoptimalkan lima rest area sepanjang Ruas Tol Padaleunyi dan Cipularang, yaitu di KM 149 dan KM 125 (Padaleunyi) dan KM 97, KM 88, KM 72 (Cipularang).

Kalau rest area padat, dapat melanjutkan perjalanan dan menggunakan rest area berikutnya.

"Diharapkan pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Perbaharui informasi lalu lintas di jalan tol Jasa Marga Group melalui call center 24 jam Jasa Marga 14080 atau melalui aplikasi Travoy," kata Widiyatmiko.

Baca juga: Jasa Marga Ingatkan Kurang Saldo E-Toll, Tidak Bisa Pakai Kartu Lain

Kondisi lalu lintas di ruas jalan raya Puncak Cianjur, Jawa Barat.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kondisi lalu lintas di ruas jalan raya Puncak Cianjur, Jawa Barat.

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat bahwa sudah ada sebanyak 714.093 kendaraan yang sudah kembali ke wilayah Jabodetabek selama tiga hari pasca Lebaran tahun 2024. Kendaraan tersebut tercatat kembali ke wilayah Jabodetabek melalui empat gerbang pintu tol.

Di antaranya, yakni Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 36,1 jika dibandingkan lalin normal dengan total 524.760 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih rendah 7,5 persen dengan total 772.306 kendaraan," ujar Pgs Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Faiza Riani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com