Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Bagnaia Melambat Saat Sprint Race MotoGP Amerika 2024

Kompas.com - 14/04/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juara bertahan Francesco Bagnaia gagal tampil gemilang pada sesi sprint race MotoGP Amerika Serikat yang digelar pada Minggu (14/4/2024) dini hari.

Padahal dirinya memulai laga dari posisi yang sangat baik yaitu grid nomor empat. Hanya perlu mendahului satu pebalap serta konsisten saja, dirinya paling tidak bisa naik podium.

Namun sesaat setelah start, Bagnaia melakukan kesalahan yang membuat ban depan terangkat dan ban belakangnya spin.

Baca juga: Daftar Jalur Alternatif Arus Balik Lebaran di Jawa Barat

Francesco Bagnaia saat sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024Ducati Corse Francesco Bagnaia saat sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024

Insiden ini menyita cukup banyak waktu sehingga dirinya tidak masuk pada barisan depan ketika melintasi tikungan 1. Bagnaia turun peringkat sampai posisi ke-10.

"Hingga pagi tadi padahal semuanya sempurna. Bahkan saya dapat mencetak waktu terbaik saat FP 2 (Latihan bebas ke-2) dengan ban yang dipakai lebih lama ketimbang jumlah lap pada sprint race," katanya dalam siaran resmi Ducati Lenovo, Minggu (14/4/2024).

Sementara saat balapan, ia mengaku hanya bisa mencetak waktu di kisaran 2 menit 3 detik atau satu detik lebih lambat bahkan di lap-lap awal saat bannya masih baru.

Bagnaia memang tidak menyebut secara gamblang, tapi tidak sulit melihat kalau rekan setim Enea Bastianini itu menyalahkan performa ban Michelin miliknya.

"Awalnya ban belakang mulai berputar, lalu saya wheelie, jadi saya harus ambil kembali kopling dan berada di posisi ketujuh,” kata Bagnaia.

Baca juga: Simak Daftar 33 Lokasi SPKLU di Rest Area Jalan Tol

Francesco Bagnaia ketika balapan di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati tersebut keluar sebagai juara dalam MotoGP Indonesia 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Valencia 2023.Dok.Ducati Lenovo Francesco Bagnaia ketika balapan di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati tersebut keluar sebagai juara dalam MotoGP Indonesia 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Valencia 2023.

“Lalu di tikungan 2 saya harus banyak mengerem karena Jack melakukan beberapa pergerakan, sehingga ada tiga pembalap lagi yang menyalip saya,” lanjut dia.

"Kemudian perasaan saya tidak sama lagi dengan pagi hari. Di mana grip belakang sudah jauh lebih sedikit. Jadi kami harus memeriksa data untuk memahami alasannya," ucap Bagnaia lagi.

Dirinya pun menyatakan bakal lebih fokus untuk membalap pada laga utama pada MotoGP Amerika 2024 yang rencananya dihelat Senin (15/4/2024) dini hari nanti dengan target naik podium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com