Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kurang Responsif Saat Pedal Gas Diinjak, Cek Bagian Ini

Kompas.com - 12/04/2024, 19:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Pengemudi kendaraan roda empat cenderung lebih senang dengan mobil yang responsif. Artinya, saat pedal gas diinjak mobil sudah melaju tanpa ada jeda.

Selain dipengaruhi spesifikasi, tarikan mesin juga bisa mengalami penurunan performa akibat jarang melakukan perawatan.

Mahfud, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan, performa mobil menurun karena jarang perawatan biasanya dikaitkan dengan kondisi ruang bakar yang kotor.

Baca juga: Kecelakaan Arus Mudik Lebaran 2024 Turun 12 Persen

Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Oto Journey 2024 - Toyota Innova Zenix Hybrid

“Ruang bakar yang kotor memang bisa menyebabkan performa mobil jadi loyo, terlebih lagi jarang melakukan perawatan, tapi sebaiknya dilakukan observasi dulu karena penyebabnya bisa beragam” ucap Mahfud kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain mesin yang bisa membuat tenaga mobil loyo, lanjut Mahfud, ada transmisi sebagai penyalur tenaga. Sehingga, ketika terjadi penurunan performa juga bisa dipengaruhi dari bagian tersebut.

“Bisa saja mobil sudah melakukan tune up, tapi masalah yang dikeluhkan terkait tarikan berat belum teratasi karena penyebabnya tidak hanya dari mesin, masih ada pen-transfer daya yaitu transmisi,” ucap Mahfud.

Baca juga: Menhub Sebut PO Bus Bisa Kena Sanksi jika Pekerjakan Sopir Berkendara Lebih dari 8 Jam

Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Oto Journey 2024 - Toyota Yaris dan Innova Zenix Hybrid

Mahfud mengatakan bila transmisi mobil, khususnya jenis matik mengalami masalah maka bisa saja membuat tarikan mobil menjadi kurang responsif.

“Misal kampas-kampas koplingnya sudah aus, atau terjadi sumbatan pada saluran olinya, maka tidak terjadi perpindahan percepatan saat akselerasi maka tarikan mobil jadi berat,” ucap Mahfud.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan, salah satu masalah pada transmisi matik adalah tenaganya tertahan sehingga mobil terkesan berat untuk lari.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan PO Rosalia Indah, Jangan Berkendara Saat Mengantuk


“Saat pedal gas diinjak untuk akselerasi seharusnya rasio percepatan berubah ke gigi lebih rendah untuk menambah torsi, namun jika ada masalah maka dia tidak mau berpindah,” ucap Hasan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi, sebelum mobil digunakan untuk perjalanan ada baiknya melakukan perawatan agar performanya kembali prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com