Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Tuntas Test Drive Honda City Sedan Sensing

Kompas.com - 28/03/2024, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sedan memang tidak besar sebab masyarakat Indonesia lebih memilih MPV dan SUV. Meski demikian Honda tetap bertahan dan menyediakan line up lengkap dari sedan murah sampai premium.

Di segmen sedan entry level Honda tetap mengandalkan Honda City. Pabrikan pun melansur New City Sedan yang dilengkapi Honda Sensing, yaitu fitur keselamatan aktif dan asisten mengemudi.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman Saat Mudik di Bulan Puasa

New City lahir pada 2023 menyempurnakan City sebelumnya yang hadir pada 2021. Honda sengaja menambahkan fitur tersebut agar sedan entry level ini punya nilai tambah menghadapi All New Toyota Vios.

New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda Sensing

Desain

Desain New City sedan yang kini dibekali Honda Sensing tidak berbeda jauh dengan City sedan lawas. Ubahannya hanya terletak pada bentuk bumper depan belakang yang lebih sporty.

Ubahan ringan ini memang disengaja, bukan karena kapasitasnya "cuma facelift" tapi memang sekadar penyempurnaan bentuk New City sedan yang tampak lebih anggun ketimbang generasi sebelumnya.

Impresi New City sedan ialah tampilan yang lebih elegan. Cukup serupa dengan City hatchback RS, tapi ada sentuhan khusus disempatkan. Terutama pada penggunaan lis krom yang cukup banyak daripada hitam dengan garis merah seperti pada model hatchback.

Penggunaan lis krom mengentalkan aura elegan dan menipiskan kesan sporty. Konsep ini sebetulnya meminjam sudaranya yang berada di kelas paling atas yaitu Accord meski di Accord pakai varian RS.

Baca juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil, Pengemudi Wajib Cek Tekanan Udara pada Ban

New Honda City sedan dengan Honda SensingFoto: KOMPAS.com/ Adityo Wisnu Prabowo New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Lalu pada bagian moncongnya, berbentuk seperti tameng yang dipadu dengan lampu utama LED multireflektor ditambah foglamp berbentuk bulat dan kecil. Dibanding generasi sebelumnya tampak semakin modern.

Pada bagian samping, tidak banyak lekukan yang terlihat. Beda antara City sedan dengan City hatchback terletak di pilar C yang landai karena ada bagasi yang terpisah dengan kursi penumpang baris kedua.

Bagian buritan belakang, lampu New City sedan sama seperti sebelumnya berubah jadi 3D, layaknya sedan mewah. Masuk ke bagian kabin, seluruh panel yang disematkan serba hitam dan dipadukan dengan lis krom.

Baca juga: Kredit Mobil Listrik di TAF, Ada DP Ringan sampai Bunga 0 Persen

New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu New Honda City sedan 2023 yang sudah dibekali Honda Sensing

Interior

Secara garis besar tidak ada perubahan berarti antara interior New City sedan yang dibekali Honda Sensing dengan City sebelumnya.

City generasi kelima ini masih mengusung tema sporty dengan nuansa hitam. Balutan hitam tersebar di semua sisi mulai dari dashboard, setir, door trim hingga jok. Pemanisnya bagian plafon warna krem.

Kemudian lis lubang AC baik di bagian tengah dasboard dan di samping kiri-kanan, serta kenop-kenop AC yang memakai warna krom. Lis krom juga ditemui di bagian bawah setir serta tuas persneling.

Baca juga: Gempuran Truk China Mulai Mengusik Produk Jepang di Indonesia

Lead Car Departure Notification System di New Honda City sedan dengan Honda SensingFoto; KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Lead Car Departure Notification System di New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com