Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengemudi Aman Saat Mudik di Bulan Puasa

Kompas.com - 28/03/2024, 12:02 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang yang akan melakukan mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, memilih untuk berangkat lebih awal, agar terhindar dari puncak arus mudik.

Dengan melakukan perjalanan terlebih dahulu sebelum waktu mudik, orang dapat mengurangi kemacetan di jalan dan terhindar dari kerumunan yang mungkin terjadi saat mendekati hari raya.

Namun, hal ini tentu membuat pengemudi puasa sambil menyetir dengan jarak yang cukup jauh. Maka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sopir agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil, Pengemudi Wajib Cek Tekanan Udara pada Ban

PJR Polda Jabar bersama Petugas Rest Area KM 208 B memasang rambu informasi Parkir Rest Area Penuh, Pemudik Dihimbau Rest Kunjungi Area Berikutnya. Petugas gabungan juga memberlakukan sistem buka tutup arus. Foto dokumentasi Kompas.com arus mudik sebelumnyaMUHAMAD SYAHRI ROMDHON/ Kompas.com PJR Polda Jabar bersama Petugas Rest Area KM 208 B memasang rambu informasi Parkir Rest Area Penuh, Pemudik Dihimbau Rest Kunjungi Area Berikutnya. Petugas gabungan juga memberlakukan sistem buka tutup arus. Foto dokumentasi Kompas.com arus mudik sebelumnya

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, puasa saat harus mengemudi pada mudik Lebaran secara prinsip memang beda, pasti lebih drop jika berpuasa.

Maka dari itu, ada beberapa hal perlu diperhatikan oleh pengemudi yang tetap berpuasa selama mudik Lebaran.

“Pastikan tidur cukup sebelumnya, minimal tujuh sampai delapan jam,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Kredit Mobil Listrik di TAF, Ada DP Ringan sampai Bunga 0 Persen

Sony juga mengatakan, ketika makan sahur pastikan untuk memilih makanan yang rendah karbo.

“Usahakan berangkat mudik setelah sahur, saat kondisi tubuh lagi ngeboots atau sore, tiga jam sebelum mudik,” kata Sony.

Kemudian, Sony mengimbau kepada pemudik untuk memastikan sudah mengatur jadwal dan cara beristirahat secara berkala yang optimal.

“Usahakan berkendara dengan relax dan enjoy, karena agresif membuat badan lebih cepat capek,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com